Kesaksian Warga Soal Pria Misterius di TKP Mobil Dibakar di Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 01 Feb 2019 11:46 WIB
Mobil warga dibakar orang misterius di Kota Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Seorang pria tak dikenal sempat terlihat di lokasi kebakaran mobil di Kota Semarang. Menurut para saksi, pria tersebut yang pertama kali berteriak memberitahu ada kebakaran mobil.

Peristiwa pembakaran mobil terakhir terjadi pagi tadi sekitar pukul 04.15 WIB di Jalan Genuk Karanglo RT 1 RW 1, Tegalsari, Kecamatan Candisari. Mobil Sigra bernopol H 8672 FG warna hitam milik Dodi Handono (71) hangus di bagian depannya.

Saksi Anto (36) yang tinggal di sebelah rumah korban mengatakan saat kejadian ada pria berteriak mengabarkan ada kebakaran. Pria tersebut bersarung, berpeci, dan berperawakan besar.

"Istri dengar ada teriak-teriak, saya dibangunkan langsung keluar. Tidak kenal siapa yang teriak itu. Tapi dia sempat melihat saat warga memadamkan," kata Anto, Jumat (1/2/2019).


Saat itu Anto sedang sibuk memadamkan api sedangkan pria tersebut sempat berbincang dengan warga. Warga tidak ada yang mengenal namun pria itu sempat mengaku dari pengajian.

"Tadi sempat ngomong sama warga. Katanya dari pengajian. Setelah itu dia pergi naik motor laki," ujarnya.

Anto juga menjelaskan, akses di lokasi kejadian menjadi satu satunya jalan yang bisa dilalui sebelum pukul 05.00 WIB atau sebelum portal kampung dibuka.

"Ini akses satu-satunya. Sebelum portal dibuka keluar masuknya lewat Jalan Sriwijaya atau Masjid," pungkasnya.

Saksi lainnya, Jumiatun (64) yang juga tinggal di sebelah rumah korban mengatakan meski pria bersarung itu mengaku habis dari pengajian, ternyata di Masjid setempat tidak ada pengajian hanya mengaji biasa sebelum dan sesudah Subuh.


"Di sini tidak ada pengajian jam segitu. Tapi dia yang teriak-teriak ngasih tahu ada kebakaran," ujar Jumiatun.

Ada lagi saksi lainnya, Siti yang justru melihat dua pria tak dikenal sebelum kejadian. Saat itu ia berangkat salat Subuh ke Masjid dan melihat pria bersarung naik motor dan pria lainnya.


"Saya berangkat ke Masjid ada dua orang riwa riwi, sempat berhenti di situ (dekat lokasi). Pulang-pulang ada kejadian itu," kata Siti.

Saat ini peristiwa tersebut masih ditangani kepolisian. Di Kota Semarang peristiwa mobil dibakar sudah terjadi lebih dari 10 kali sejak awal Januari. (alg/sip)