DetikNews
Rabu 30 Januari 2019, 15:29 WIB

Soal 31 Kepala Daerah Jateng Dukung Jokowi, BPN: Ingat Tugasnya

Usman Hadi - detikNews
Soal 31 Kepala Daerah Jateng Dukung Jokowi, BPN: Ingat Tugasnya Saat Ganjar dan para kepala daerah di Jateng deklarasi dukung Jokowi. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Yogyakarta - Sebanyak 31 kepala daerah di Jateng mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Amin. Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said, menyinggung netralitas kepala daerah.

"Ya itu (deklarasi dukungan ke Jokowi-Amin) hak. Saya kira hak masing-masing kepala daerah. Tapi mesti diingat bahwa ada tugas-tugas yang mesti memerlukan netralitas," ujar Sudirman kepada wartawan di UGM Yogyakarta, Rabu (30/1/2019).


Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kabinet Jokowi ini tak menampik bahwa banyak kepala daerah yang tercatat sebagai kader parpol. Namun karena telah menjadi kepala daerah maka diharapkan mereka netral di Pemilu.

"Kepala daerah betul kader partai, tapi juga (sekaligus) adalah pimpinan dari suatu wilayah yang harus melayani semua anggota masyarakat, siapapun itu. Jadi dijaga netralitasnya," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 31 kepala daerah di Jateng mendeklarasikan dukungan ke Jokowi-Ma'ruf di Hotel Alila Solo, Sabtu (26/1) lalu. Deklarasi tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.


Deklarasi tersebut tidak dihadiri Bupati Sragen, Bupati Kendal, Wali Kota Tegal dan Wali Kota Salatiga karena tidak diundang. Sementara yang hadir di acara deklarasi ada 27 dari 31 kepala daerah yang menyatakan dukungan.


Saksikan juga video 'Kepala Daerah Dukung Jokowi Bukan Berarti Jadi Kebal Hukum':

[Gambas:Video 20detik]




Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed