Jalan Rusak Ditanami Pohon Pisang di Semarang Bakal Dibeton

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 28 Jan 2019 21:15 WIB
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Jalan rusak yang ditanami pohon pisang di Kota Semarang bakal segera diperbaiki. Dengan kondisi cuaca sering hujan saat ini, langkah awal akan diratakan sebelum dibeton.

Aduan warga terkait jalan rusak di Tanjung Sari, Pedurungan, Semarang itu ternyata sudah masuk ke sistem pelaporan Lapor Hendi milik Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan ditanggapi Dinas Pekerjaan Umum.

"Sudah kami respon pada 17 Oktober lalu, dan sudah kami jawab jika akan dikoordinaikan untuk ditangani," kata Sekretaris Dinas PU Kota Semarang, Rianung, Senin (28/1/2019) malam.

Ia menjelaskan satu persatu aduan yang masuk dalam Lapor Hendi diselesaikan termasuk jalan Tanjing Sari yang menunggu proses termasuk penganggaran.

"Untuk penanganan yang butuh anggaran tidak sedikit memang kami butuh waktu terkait penganggaran, tapi semua terdata, saya pastikan tidak ada laporan yang terlewat," tandasnya.

Penanganan dalam waktu dekat yaitu jalan akan diratakan dulu karena masih musim penghujan. Rencananya jalan akan dibetonisasi agar awet.

"Memang pada tahun ini jalan tersebut akan segera kami beton, namun dengan kondisi musim hujan seperti ini, kami akan ratakan lebih dulu jalan tersebut," tegasnya.

Rianung itu juga menjelaskan kondisi jalan di Kota Semarang yang pada tahun 2011 hanya 46 persen yang ada dalam kondisi baik, dan pada tahun 2017 telah meningkat hingga 88,7 persen.

"Sisanya terus kami kejar dengan pembetonan, agar kualitas jalannya juga baik, dan tidak rusak berulang seperti sebelum-sebelumnya. Ini sesuai arahan pak Wali kepada kami," jelas Anung.

Diberitakan sebelumnya, warga di Jalan Tanjung Sari melakukan aksi menanam pohon pisang di jalan berlubang dan becek. Mereka protes karena akses jalan sepanjang sekitar 500 meter rusak. (alg/bgs)