DetikNews
Jumat 25 Januari 2019, 19:43 WIB

Penutup Saluran Air di Kawasan Kota Lama Semarang Hilang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Penutup Saluran Air di Kawasan Kota Lama Semarang Hilang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Kota Lama Semarang menjadi target vandalisme yang cukup meresahkan. Sejumlah grill saluran air dari besi hilang dicuri. Kasus ini kini ditangani kepolisian.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyayangkan aksi tersebut bahkan memposting rekaman CCTV yang menangkap aksi pencurian itu ke akun instagramnya.

Dalam video berdurasi 31 detik itu terlihat seorang pria mengambil grill besi dari pinggir jalan di Kota Lama Semarang. Pria itu juga membawa becak untuk mengangkut. Hendrar menyebut peristiwa itu menjadi perhatian penting.

"Apalagi terkhusus itu (grill) fungsinya sangat penting, supaya sampah tidak masuk menyumbat saluran dan inlet. Dan hari ini cukup banyak yang hilang, sehingga di beberapa titik jalan menggenang karena salurannya tersumbat sampah, maka ini jadi perhatian penting," tegas Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu, Jumat (25/1/2019).

Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BP2KL) Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan setidaknya ada 6 grill besi yang curi. Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan kontraktor yang saat ini masih melakukan pekerjaan di Kota Lama untuk melapor ke polisi.
Penutup Saluran Air di Kota Lama Semarang HilangFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

"Ada 6 yang dicuri. BPK2L sudah berkoordinasi dengan kontraktor dan Kapolsek Semarang Utara dan Kapolsek minta untuk membuat pelaporan. Saya sudah minta kontraktor untuk membuat laporan ke Polsek Semarang Utara untuk ditindaklanjuti pencurian ini," katanya.

Ita panggilan akrabnya yang juga menjabat Wakil Wali Kota Semarang itu juga prihatin karena tidak hanya grill besi tapi juga penutup saluran jenis Manhole yang jadi target vandalisme. Manhole berupa tutup besi bundar itu di rusak hingga ada bagian yang pecah.


"Grill dan manhole kok ya dicuri. Saya usul manhole dibuat yang dari batu andesit sehingga tidak laku dijual," ujarnya.

Kanit Reskrim Polsek Semarang Utara, AKP Supriadi saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sudah menerima laporan pencurian itu kemarin Kamis (24/1) sore. Saat ini proses masih sampai pemeriksaan pelapor yang merupakan kontraktor.

"Laporan sudah diterima, pelapor diperiksa. Anggota juga sudah memeriksa lokasi," kata Supriadi.

Detikcom mencoba berkeliling ke Kota Lama Semarang. Kondisinya memang masih dalam perbaikan di banyak titik lokasi, dan salah satu lokasi grill yang dicuri ada di depan mini market dekat taman Srigunting.

"Diambili orang itu. Sudah lama," ujar warga setempat.

Salah satu perbaikan yang dilakukan di Kota Lama memang terkait saluran, grill ada yang belum terpasang, sedangkan yang dicuri terlihat sudah besi seperti lis pada lubang, namun grill penutupnya tidak ada.
(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed