Ada Siklon Tropis Riley, Begini Dampaknya di Yogyakarta

Ristu Hanafi - detikNews
Kamis, 24 Jan 2019 19:03 WIB
Foto: Dok BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta
Foto: Dok BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta
Yogyakarta - Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdampak Siklon Tropis Riley. BMKG merilis peringatan dini cuaca yang diprakirakan bakal terjadi selama tiga hari ke depan.

Berdasarkan keterangan dari BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, terdapat Siklon Tropis Riley di Samudra Hindia Barat Australia, daerah tekanan rendah di Teluk Carpentaria dan sirkulasi siklonik di Filipina (level 925/700mb). Konvergensi memanjang dari perairan utara NTT hingga laut Arafuru, belokan angin terdapat di Sumatera bagian tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan perairan utara Sulawesi.

DIY termasuk dalam wilayah terdampak dan berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir akibat Siklon Tropis Riley.

"Dalam tiga hari ke depan intensitas hujan di Yogyakarta akan meningkat. Kategori hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi muncul," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono saat dihubungi detikcom, Kamis (24/1/2019).

Update BMKG pukul 13.01 WIB tadi, peringatan dini berlaku 24 Januari 2019-26 Januari 2019. Sedangkan kondisi gelombang laut perairan selatan DIY juga diprakirakan mencapai ketinggian 2,5-4 meter.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai dampak hidrometeorologi yang bisa ditimbulkan akibat kondisi tersebut.

"Waspada potensi bencana banjir, longsor, petir dan angin kencang. Saat ini juga merupakan puncak musim hujan di Yogyakarta. Diprediksi terjadi hingga pertengahan Februari 2019," ujar Djoko. (sip/sip)