DetikNews
Sabtu 19 Januari 2019, 18:05 WIB

Pencarian Bocah yang Diduga Hanyut di Sungai Bogowonto Disetop

Rinto Heksantoro - detikNews
Pencarian Bocah yang Diduga Hanyut di Sungai Bogowonto Disetop Proses pencarian korban di Sungai Bogowonto. Foto: Dok Basarnas DIY
Purworejo - Petugas gabungan telah melakukan pencarian bocah berusia 5 tahun yang diduga hanyut di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah selama sepekan. Pencarian hingga kini belum membuahkan hasil.

Korban adalah Muhammad Rizky Maulana (5) warga Dusun Wojo, Desa Karangsari, Kecamatan Purwodadi. Bocah 5 tahun itu hilang diduga hanyut di sungai Bogowonto yang tak jauh dari rumahnya pada Minggu (13/1).

Petugas gabungan dari Basarnas Yogyakarta, BPBD Purworejo, TNI, Polri, relawan dan warga telah melakukan pencarian korban selama sepekan. Penyusuran sungai dengan perahu karet motor dan perahu nelayan sejauh 8 km hingga muara sungai di perbatasan Kulon Progo DIY juga telah dilakukan, namun masih belum membuahkan hasil.

"Ya kami dan petugas gabungan telah melakukan pencarian baik jalur darat maupun penyisiran dengan perahu karet motor dan perahu nelayan sampai di muara pinggir pantai, tapi korban tetap belum ditemukan," kata Komandan Rescue SAR Yogyakarta, Arif Rahman ketika dihubungi detikcom, Sabtu (19/1/2019).


Debit air sungai yang tinggi dan derasnya arus menjadi salah satu kendala saat pencarian. Karena korban tidak berhasil ditemukan pada hari ke-7 maka operasi pencarian pun dihentikan dan korban dinyatakan hilang.

"Sesuai SOP pencarian selama 7 hari, jika korban belum ditemukan maka pencarian bisa dihentikan. Kami juga sudah evaluasi dan koordinasi dengan pihak keluarga korban. Hingga hari ke-7 ini korban memang belum berhasil ditemukan, operasi pencarian resmi kami tutup hari ini pukul 17.30 wib dan korban dinyatakan hilang," lanjutnya.


Seperti diwartakan sebelumnya, kejadian bermula ketika orang tua korban sedang menerima tamu. Selang beberapa saat, korban diketahui tidak berada di rumah oleh orang tua korban yang kemudian mencarinya di sekeliling rumah hingga ke tepi sungai. Korban diduga hanyut di sungai karena ditemukan jejak kaki korban di pinggir sungai.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed