ADVERTISEMENT

Banjir di Purworejo Selatan Semakin Naik, Timur dan Utara Surut

Rinto Heksantoro - detikNews
Jumat, 18 Jan 2019 17:30 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Belasan desa di Purworejo, Jawa Tengah terendam banjir sejak Rabu (16/1) lalu. Meski sebagian wilayah utara dan timur air sudah surut. Namun wilayah selatan air justr semakin naik.

Banjir sebelumnya menggenangi 16 desa di 7 kecamatan. Air di 5 kecamatan sudah mulai surut, namun di dua kecamatan yakni Kecamatan Butuh dan Grabag justru ketinggian air semakin bertambah.

Amat Husen (46) warga dusun Parerejo, Desa Bendungan, Kecamatan Grabag yang ditemui detikcom di lokasi menuturkan sebelumnya ketinggian air hanya sekitar 30 cm. Namun saat ini air semakin naik hingga 1 meter lebih.

Untuk beraktifitas di luar rumah, warga terpaksa menggunakan perahu kayu maupun perahu dari batang pohon pisang. Meski demikian, lebih dari 1.000 warga enggan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.
Banjir di Purworejo Selatan Semakin Naik, Timur dan Utara SurutFoto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Sebelumnya cuma 30 cm tapi karena kiriman dari utara sekarang ketinggian air bisa lebih dari 1 meter. Ya kalau mau kemana-mana ya pakai perahu," tutur Amat sambil mendayung perahu, Jumat (18/1/2019) sore.

Sementara itu, Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong yang meninjau langsung ke lokasi mencoba membujuk warga terdampak untuk dievakuasi namun tetap saja menolak. Warga enggan dievakuasi dengan alasan menjaga perabot rumah tangga dan harta agar aman.

"Kami coba bujuk untuk dievakuasi tapi tetap tidak mau, ya akhirnya bantuan makanan dan air bersih tidak hanya kita berikan di posko tapi juga kita drop langsung ke rumah-rumah dengan perahu. Bantuan akan terus kita siapkan termasuk perahu karet jika nanti dibutuhkan," kata Kapolres.

Karena curah hujan diprediksi masih tinggi, warga diimbau untuk tetap waspada dan segera melapor kepada petugas jika membutuhkan bantuan. Demi menjaga keamanan bersama, petugas polisi bersama BPBD dan petugas lain terus melakukan patroli.

(bgs/bgs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT