DetikNews
Kamis 10 Januari 2019, 18:24 WIB

Mahasiswi UGM Korban Dugaan Perkosaan Tuntut Pelaku Minta Maaf

Usman Hadi - detikNews
Mahasiswi UGM Korban Dugaan Perkosaan Tuntut Pelaku Minta Maaf Kuasa hukum mahasiswi UGM korban dugaan perkosaan, Catur Udi Handayani. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Melalui kuasa hukumnya, mahasiswi UGM korban dugaan perkosaan melayangkan enam tuntutan ke pihak UGM dan kepolisian. Tuntutan tersebut disampaikan kuasa hukumnya, Catur Udi Handayani di Kantor LSM Rifka Annisa Yogyakarta.

Tuntutan pertama, korban mendorong aparat kepolisian menuntaskan proses penyidikan oleh aparat kepolisian yang sedang berjalan. Dia ingin kasusnya diproses secara adil sampai ke meja hijau.

"Supaya kasus ini dapat diproses secara adil dan setara sampai di pengadilan. Sebagai bentuk pemenuhan keadilan terhadap penyintas (korban)," ujar Udi kepada wartawan, Kamis (10/1/2019).

Tuntutan kedua, korban meminta UGM memenuhi hak penyintas atas informasi mengenai upaya penanganan yang sudah dilakukan UGM. Termasuk informasi tindak lanjut UGM atas rekomendasi tim investigasi.


"Ketiga, korban menuntut UGM untuk segera memberikan perlindungan maksimal terhadap penyintas. Karena kelalaian universitas telah menyebabkan penanganan kasus berlarut-larut," bebernya.

Udi melanjutkan, korban juga meminta UGM segera memenuhi hak-hak penyintas atas pendampingan psikologis hingga pulih. Juga meminta dukungan material UGM berupa pembebasan biaya kuliah.


"Kelima, meminta UGM memulihkan nama baik penyintas. Salah satunya mengharuskan pelaku menandatangani surat permintaan maaf, dan penyesalan di hadapan rektor dan orang tua pelaku," tuturnya.

"Terakhir kami meminta UGM turut menghentikan perilaku victim-blaming dan tendensi untuk mengkriminalisasi penyintas yang dilakukan oleh pihak manapun, sebagai konsekuensi laporan polisi Kepala SKKK UGM," tutupnya.



Simak juga video 'KKN UGM Diguncang Skandal Dugaan Pelecehan Seksual':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed