Gubernur Ganjar Panggil 7 ASN yang Catut Namanya untuk Pungli

ADVERTISEMENT

Gubernur Ganjar Panggil 7 ASN yang Catut Namanya untuk Pungli

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 07 Jan 2019 11:59 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Agung Pambudhy)
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengaku geram mendengar laporan ada pungutan liar yang mencatut namanya. Tujuh aparat sipil negara (ASN) itu telah dipanggil, sebagian telah mengakui.

Ganjar mengungkapkannya di ASN Pemprov Jateng saat apel pagi. Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan mendengar kabar pungli dilakukan oleh pegawainya, namun ia tidak menyebut detail pungli terkait hal apa.

"Saya dapat laporan, ada jajaran saya yang pungli dan terima gratifikasi," kata Ganjar, Senin (7/1/2019).


Yang lebih membuat geram Ganjar yaitu namanya disebut menerima hasil pungli tersebut. Langkah pun diambil dengan memanggil nama-nama yang diduga melakukan pungli.

"Yang bikin saya gondok adalah, katanya uang itu untuk saya. Masyaalah, ini jahat benar, ini fitnah yang luar biasa," ujarnya.

Ada 7 orang yang dipanggil bergantian ke rumah dinas Gubernur Jateng untuk dilakukan klarifikasi. Menurut Ganjar beberapa di antaranya sempat berusaha mengelak.

"Saya datangkan orangnya, ada yang ngaku, ada yang pura-pura tidak tahu, ada yang tidak mengaku sama sekali. Saya ingatkan, semua informasi sudah sampai di tangan saya, jadi jangan sampai macam-macam," tegasnya.


Pegawai yang mengaku ada praktik pungli mengatakan pungutan itu terkait titipan seseorang. Mendengar itu, lanjut Ganjar, ia meminta uang tersebut dikembalikan segera.

"Ngaku nerima tapi alasannya macam-macam, katanya cuma titipan. Saya tegaskan tidak boleh dan tidak bisa, kembalikan!" ungkapnya.

"Itu yang saya peringatkan keras, tapi saya tidak bisa peringatkan satu persatu makanya saya kumpulkan ini sampai eselon 3," ujarnya. (alg/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT