Ini Awal Kenal BPH Kusumo dengan dr Maya Hingga ke Dhaup Ageng

Usman Hadi - detikNews
Sabtu, 05 Jan 2019 12:28 WIB
Kusumo dan Maya (Foto: Dok. Panitia Dhaup Ageng.Puro Pakualaman)
Yogyakarta - Calon putra mahkota Puro Pakualaman Yogyakarta, BPH Kusumo Bimantoro, menikah dengan dr Maya Lakshita Noorya. Bagaimana cerita sulung KGPAA Paku Alam X ini bertemu dengan pendamping hidupnya?

Suryo, nama kecil BPH Kusumo merupakan anak pemimpin Puro Pakualaman yang juga Wagub DIY, KGPAA Paku Alam X, dengan permaisuri GKBRAA Paku Alam X. Dia dilahirkan dan besar di lingkungan Puro Pakualaman. Masa kecil dan studinya juga ditempuh di Yogyakarta.

Awalnya Suryo bersekolah di TK dan SD Puro. Selanjutnya dia menempuh studi di SMP 5 Yogyakarta, lalu di SMA 5 Yogyakarta. Di SMA 5 Yogyakarta inilah awal mula Suryo bertemu dengan Maya, lalu terjalin asmara di antara keduanya.


Hubungan keduanya berlanjut saat Suryo melanjutkan studi di Departemen Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik UGM. Sementara Maya menempuh studi di Jurusan Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

"Di sekolah inilah (SMA 5 Yogyakarta) ia bertemu dan menjalin kasih dengan gadis cantik bernama Shita (dr Maya), sang calon istri," demikian penjelasan tertulis panitia dhaup ageng yang diterima detikcom, Sabtu (5/1/2019).


Ibunda BPH Kusumo Bimantoro, GKBRAA Paku Alam X, menjelaskan sosok Suryo kecil dikenal sebagai pribadi pendiam. Namun dia tetap diajarkan nilai-nilai kesopanan, dan diajarkan untuk berbaur dengan masyarakat.

"Mas Suryo itu sosok yang pendiam waktu kecil tapi ceria suka senyum dan manut (nurut) sama orangtuanya. Saya mengajarkan kepada anak-anak saya bahwa kita harus sama dengan masyarakat yang ada di Puro ini," ungkap GKBRAA Paku Alam X.

"Mas Suryo itu dari kecil juga hobi menggambar sampai dia masuk UGM jurusan arsitektur. Gurunya sayang loh kenapa Suryo nggak masuk fisika kok masuk arsitektur? Katanya 'aku lebih suka gambar'," jelas ibunda yang akrab Gusti Putri ini.


Dengan demikian, bisa dikatakan cinta keduanya bersemi dari bangku sekolah.

"Keduanya SMP dan SMA-nya sama (satu sekolah), SMP N 5 Yogyakarta dan SMA N 5 Yogyakarta," ujar Tim Pranatan Lampah-lampah Dhaup Ageng Puro Pakualaman, Mas Ngabehi Citropanambang.

Meski sudah saling kenal sejak SMP, lanjut Citropanambang, BPH Kusumo Bimantoro mulai jatuh hati ke Maya di masa akhir SMA. Hubungan kasih antar keduanya terus berlanjut meski mereka kuliah di universitas yang berbeda.

"Ketika cerita dengan saya itu bertemunya (BPH Kusumo Bimantoro dengan Maya) di akhir SMA. Baru ada rasa itu ketika akhir SMA menjelang lulus," tuturnya.

Usai lulus SMA, BPH Kusumo Bimantoro kuliah di Departemen Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik UGM. Sementara Maya kuliah di Jurusan Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

Memang mereka melanjutkan studi di universitas yang berbeda, namun hal itu tak memutus jalinan kasih keduanya. "Komunikasi (keduanya) ya zaman anak milenial, WA kan bisa. Sudah enggak seperti dulu dijodohkan," pungkas Citropanambang.


Saksikan juga video 'Detik-detik Calon Putra Mahkota Pakualaman Resmi Menikah':

[Gambas:Video 20detik]


Ini Awal Kenal BPH Kusumo dengan dr Maya Hingga ke Dhaup Ageng



(mbr/mbr)