Ini Dokter Maya, Calon Istri Kandidat Putra Mahkota Pakualaman

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 03 Jan 2019 09:32 WIB
dr Maya Lakshita Noorya (Foto: Dok. Panitia Dhaup Ageng Puro Pakualaman)
Yogyakarta - Puro Pakualaman akan segera menghadapi acara besar berupa pernikahan agung atau dhaup ageng. BPH Kusumo Bimantoro, putra sulung KGPAA Paku Alam X, akan menikah dengan gadis pilihannya. Siapakah gadis beruntung yang bergelar dokter itu.

BPH Kusumo Bimantoro merupakan kandidat terkuat putra mahkota dinasti Pakualaman. Dia akan mempersunting dr Maya Lakshita Noorya. Prosesi pernikahannya akan dilangsungkan Hari Sabtu (5/1) mendatang.

Dokter Maya lahir di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 27 April 1991. Dia merupakan putri pasangan Ir H Mandiyo Priyo MT dengan Dra Hj Rini Wijayanti MPd. Masa kecil dan jenjang studi dokter Maya banyak dihabiskan di Yogyakarta.

"Jenjang pendidikan ditempuhnya mulai dari TK Masjid Syuhada Yogyakarta, SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta, SMP N 5 Yogyakarta, dan SMA N 5 Yogyakarta," ujar Ketua 1 Dhaup Ageng, KRT Radyowisroyo, Kamis (3/1/2019).


Usai lulus dari SMA N 5 Yogyakarta, Maya memilih melanjutkan studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dia mengambil jurusan Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

"Visinya dalam bidang kesehatan adalah meningkatkan pelayanan kesehatan dengan mengedepankan nilai-nilai kultural," ungkapnya.

"Maksudnya, memberikan pelayanan kesehatan yang tidak hanya didasarkan pada pendidikan kesehatan tetapi juga nilai-nilai kebudayaan yang diterapkan secara terus-menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan," tutupnya. (mbr/mbr)