Polisi Turun Tangan Selidiki Perusakan Belasan Nisan di Magelang

Angling Adhitya Purbaya, Eko Susanto - detikNews
Rabu, 02 Jan 2019 16:46 WIB
Ilustrasi (Foto: Rachman Haryanto)
Kota Magelang - Belasan nisan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Giriloyo, Kota Magelang, ditemukan dalam kondisi rusak. Polres Magelang Kota saat ini masih melakukan penyelidikan terkait adanya laporan kasus tersebut.

Informasi awal yang beredar yaitu terjadi perusakan pada makam-makam umat Nasrani di TPU Giriloyo Kota Magelang sejak tanggal 28 Desember 2018. Perusakan terjadi blok B1, C1, dan A3.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan, mengatakan bahwa Polsek Magelang Selatan menerima laporan pada, Selasa (1/1) malam. Setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi, perusaka terlihat beragam.


Tidak hanya menyasar pada nisan-nisan yang menunjukkan identitas keagamaan tertentu. "Ada 12 makam dirusak. Dari 12 makam itu tidak semua (nisan) Nasrani, ada satu makam (warga) muslim," katanya saat dihubungi, Rabu (2/1/2019).

Atas kejadian tersebut, kata dia, telah memintai keterangan para saksi. Selain itu, memeriksa CCTV akses jalan menuju lokasi. Dugaan kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Desember 2018. "Dugaan sementara, kejadian pada 26 Desember 2018," kata dia.


Sejumlah orang termasuk penjaga dan petugas kebersihan makam juga dimintai keterangan. "Penyidik masih memanggil beberapa pihak terkait untuk dimintakan keterangannya. Dugaan sementara adalah pelaku vandalisme," jelas Kristanto.

Pascakejadian ini, katanya, telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Magelang dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) agar kejadian tersebut tidak menjadi sentimen agama.

Namun demikian, Kristanto akan mecari pelakunya agar segera ditangkap. "Mohon doanya, pelaku masih dicari," katanya.



Saksikan juga video 'Warga Gelar Doa Bersama di Makam Nisan Salib yang Dipotong':

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)