Bus Terbakar di Boyolali, 40 Penumpang Selamat

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 31 Des 2018 21:28 WIB
Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Sebuah bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) terbakar di Boyolali. Semua penumpang selamat dan berhasil keluar sehingga tidak ada korban jiwa. Bus yang terbakar itu adalah PO Safari jurusan Solo-Semarang.

"Iya benar, (Sekarang api) sudah padam," kata Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Febriyani Aer dikonfirmasi detikcom Senin (31/12/2018) malam.

Bus tersebut terbakar di jalan Solo-Semarang, tepatnya di wilayah Dukuh Banjarsari, Desa Teras, Kecamatan Teras, Boyolali. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 WIB.

Kejadian bermula ketika bus PO Safari nopol H 1586 DC, melaju dari arah Solo menuju Semarang. Sesampainya di wilayah Teras, bus yang dikemudikan Edi Wahyono (33), menurunkan penumpang. Usai menurunkan penumpang itulah diketahui ada kepulan asap dari bagian belakang bus.

Sopir langsung meminggirkan busnya dan berhenti. Saat dicek, ternyata bagian mesin sudah terbakar. Para penumpang yang berjumlah sekitar 40 orang pun langsung turun dari bus. Kemudian dipindahkan ke bus lain untuk melanjutkan perjalanan.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa," kata Febriyani Aer.

Sementara itu warga sekitar langsung menghubungi pemadam kebakaran. Api akhirnya berhasil dipadankan dan tidak sampai membakar habis bus tersebut.

Petugas Satlantas Polres Boyolali, langsung mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan. Lajur jalan yang dari arah Semarang menuju Solo pun digunakan untuk dua arah. Sehingga kendaraan dari arah Solo tidak sampai terjadi kemacetan.

Mengenai penyebab kebakaran, diduga korsleting accu ke mesin bus tersebut.

"Diduga percikan api berasal dari gesekan antara accu dan mesin, sehingga bagian belakang bus terbakar, saat terbakar semua penumpang pada turun," imbuhnya. (bgs/bgs)