detikNews
Selasa 18 Desember 2018, 18:39 WIB

Wisatawan Nemu Harga 'Nuthuk' di Gunungkidul, Lapor ke Nomor Ini

Pradito Rida Pertana - detikNews
Wisatawan Nemu Harga Nuthuk di Gunungkidul, Lapor ke Nomor Ini Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Gunungkidul - Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Gunungkidul mengajak wisatawan agar tak ragu melapor jika menemukan pelaku wisata yang mematok harga makan dan minum dengan harga tinggi atau 'Nuthuk'. Bila hal itu terjadi wisatawan bisa langsung melaporkannya.

Kepala Dinpar Kabupaten Gunungkidul, Asti Wijayanti menjelaskan, Dinpar telah jauh-jauh hari mengimbau kepada pelaku wisata untuk tidak seenaknya menaikkan harga saat liburan Nataru. Mengingat pemberlakuan harga yang terkesan 'Nuthuk' akan berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gunungkidul.

"Kalau menemukan harga yang 'nuthuk', wisatawan bisa langsung lapor ke saluran khusus kami di nomor 081238882789. Tapi laporannya harus detail, seperti di Pantai mana dan penjual apa," katanya, Selasa (18/12/2018).

Menurut dia dengan melaporkan secara detail nantinya akan memudahkan untuk menindaklanjuti laporan itu. Mengingat Dinpar memiliki tim yang khusus mengelola aduan wisatawan selama berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul.

"Wisatawan bisa mengadukan apa saja, tidak hanya harga yang 'nuthuk', nanti kalau ada aduan ke nomor kami akan ditindaklanjuti," ujarnya.

Disinggung mengenai sanksi yang diberlakukan kepada pelaku wisata yang terbukti menaikkan harga terlampau tinggi kepada wisatawan, Asti menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait. Bukan tanpa alasan, hal itu karena pihaknya tidak memiliki kewenangan penuh terkait pemberian sanksi.

"Memang kami tidak punya wewenang dalam memberi sanksi (Kepada pelaku wisata yang memberlakukan harga nuthuk), karena itu mMemberi sanksi) ranahnya Satpol PP. Kalau dari kami hanya bisa sebatas menghimbau dan memberi pembinaan saja," ucapnya.

Ditambahkan Asti, selain dapat menghubungi saluran khusus untuk aduan, wisatawan dapat langsung mengadukannya ke beberapa titik pos wisata di Kabupaten Gunungkidul.

"Akan didirikan beberapa pos, seperti di Patuk, Gua Pindul, Pantai Baron, Krakal, Pulang Sawal dan Wediombo. Nanti di pos-pos itu ada petugas khusus yang siap memberi info ke wisatawan dan mengadukan keluhannya," katanya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com