DetikNews
Selasa 18 Desember 2018, 11:22 WIB

Ayo Liburan! Ke Yogya Katanya Belum Sah Lho Kalau Belum ke Sini

Usman Hadi - detikNews
Ayo Liburan! Ke Yogya Katanya Belum Sah Lho Kalau Belum ke Sini Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Punya rencana menghabiskan liburan akhir tahun di Kota Yogyakarta? Adalah wajib hukumnya menelusuri Jalan Malioboro.

"Di Yogya terutama yang di kota itu banyak (destinasi wisata). Pasti orang tidak merasa ke Yogya kalau belum ke Malioboro. Malioboro itu bisa dikunjungi pagi, malam, sampai tengah malam pun banyak (orang). Jadi silakan memilih waktu di manapun, dan Anda tidak akan pernah sendiri kalau di Malioboro," ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi kepada detikcom di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Selasa (18/12/2018).

Malioboro kini sudah memiliki penampilan yang baru. Pejalan kaki lebih dimanjakan dengan trotoar dan deretan kursi-kursi cantik di sana.

Suasana Jalan Malioboro. Suasana Jalan Malioboro. Foto: Edzan Raharjo/detikcom



Pedagang-pedagang cinderamata khas Yogyakarta bisa menjadi salah satu alternatif wisatawan belanja oleh-oleh.

Pedestrian Jalan Malioboro. Pedestrian Jalan Malioboro. Foto: Arief Kas/d'Traveler


Ingin menyusuri Malioboro dengan sepeda pun bisa. Hanya perlu mengunduh aplikasi Jogjabike di Google Play Store, registrasi dan datangi shelter jogjabike yang disebut shelterpit terdekat.

Kini baru ada lima shelterpit di kawasan Malioboro, yakni di depan Loko Cafe, Malioboro Mall, Kantor Kepatihan, Museum Vredeburg, dan depan Taman Pintar.


Setelahnya pengguna jogjabike tinggal mengetuk device pada stang sepeda hingga menyala. Tunggu sampai muncul keterangan 'saya siap pindah QR'. Kemudian scan QR Code di sepeda untuk unlock di shelterpit.

Jogjabike di Malioboro. Jogjabike di Malioboro. Foto: Usman Hadi/detikcom


Setelah scanning sukses, maka statusnya akan aktif dan kunci sepeda akan terbuka. Sepeda siap digunakan.

Sementara ini ratusan jogjabike yang tersedia bisa dipakai gratis sampai akhir tahun. Operasional jogjabike saat ini dimulai pukul 06.00 WIB-21.00 WIB.

Namun ke depannya pemakaian jogjabike akan berbayar menggunakan saldo yang telah diisi di aplikasi jogjabike.

Destinasi wisata lainnya adalah Taman Pintar. Taman Pintar tak jauh dari Malioboro.

Menurut Heroe, Taman Pintar merupakan tempat yang pas bagi anak-anak yang ingin berlibur ke Yogyakarta. Apalagi di destinasi wisata tersebut anak-anak bisa berwisata, bermain, dan sekaligus belajar.


"Di Tamam Pintar anak-anak kita yang nanti akan bisa melihat pertunjukan atau sajian ilmiah populer yang bisa memudahkan anak-anak memahami tentang teori-teori ilmu alam yang ada, dengan cara memainkan dan segala macamnya," ungkapnya.

Selanjutnya, destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan yang tak jauh dari Malioboro yakni Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Heroe menjamin wisatawan tidak akan kecewa saat berkunjung ke sejumlah destinasi wisata ini.

"Tapi kalau yang mau spesifik mari kita gowes, misalnya gowes menyusuri kampung-kampung wisata. Ada kampung wisata di sekitar Kotagede ada, ada kampung wisata di tempat lain," pungkas dia.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed