DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 23:12 WIB

Andi Arief: Pos Pemenangan di Solo Buat Goyang Kandang Banteng

Usman Hadi - detikNews
Andi Arief: Pos Pemenangan di Solo Buat Goyang Kandang Banteng Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi berencana mendirikan pos pemenangan di Kandang Banteng, Solo. Strategi BPN tersebut tak lain untuk menggoyang suara Jokowi di Jawa Tengah.

"Ini yang sedang diupayakan oleh tim BPN Prabowo untuk menggoyang dari situ," ujar Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief, kepada wartawan di Kota Yogyakarta, Senin (10/12/2018).

Demokrat mengakui berdasarkan hasil survei internalnya paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf, masih belum tergoyahkan di Jawa Tengah. Sementara Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai basis massa PDIP.

Masih berdasarkan survei internal Demokrat, paslon Prabowo-Sandi unggul di Jawa Barat. Sementara di Jawa Tengah dan Jawa Timur, paslon nomor urut 02 tersebut masih kalah dari paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf.

"Kita tahu bahwa separuh lebih pemilih itu ada di tiga (provinsi) Jawa itu, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kunci pemilu pada tahun ini adalah mampu memenangkan tiga Jawa itu," paparnya.

"Jadi kalau memindahkan (membentuk pos pertempuran BPN) di Jawa Tengah ini cukup obyektif untuk 'peperangan suara'. Sebagai taktik saya kira cukup tepat, sebagai taktik," lanjutnya.

Lantas kenapa BPN memilih Solo sebagai markasnya?

"Jadi kalau dari Boyolali, Solo, Klaten, Karanganyar, Sragen, sampai ke Magetan, Pacitan, dan sebagainya memang ini masih daerah pertempuran. Jadi ya kita lihat saja nanti apakah berhasil atau tidak," tutupnya.
(bgk/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed