Warga Purwokerto Tangkap Ular Piton Albino Sehabis Sikat Itik

Arbi Anugrah - detikNews
Senin, 03 Des 2018 12:46 WIB
Foto: Arbi Anungrah/detikcom
Banyumas - Ular piton albino sepanjang 4 meter gegerkan warga Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Ular itu ditemukan berada di Sungai Kaliputih sehabis memakan itik milik warga.

Ular piton atau sering disebut Sanca itu ditemukan warga Kampung Baru RT 01 RW 01 Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Banyumas. Saat ini ular itu ditempat disebuah kandang.

"Jadi tadi pagi saya itu mau ngasih makan ayam, tahu- tahu ada ada ular sedang makan entok/itik, di kandang milik tetangga," kata Muhammad Khaeruri (60) kepada detikcom di lokasi, Senin (3/11/2018).

Saat itu lanjut Khaeruri, ular yang sudah memakan entok yang tengah berada di sungai. Saat memakan entok, ular itu tampak kesulitan membawa tubuhnya karena besarnya mangsa yang dilahap. Bahkan sebelumnya sekitar ia sempat mendengar ayam dan angsa dikandang gelisah dan gaduh tidak seperti biasanya.
Warga Purwokerto Tangkap Ular Piton Albino Sehabis Sikat ItikFoto: Arbi Anungrah/detikcom

Begitu mengetahui ada ular, warga langsung memangil Yuli Ismanto yang biasa menangkap ular. Sesaat itu pula Yuli atau yang biasa di panggil Is, langsung berupaya menangkap ular yang bersembunyi dialubang pinggir sungai.

"Ada tetangga lari-lari bilang ada ular, terus saya keluar langsung berupaya menangkap ular itu. Posisi ular saat itu sedang masuk ke dalam pondasi," kata Yuli Ismanto.

Usai ditangkap, perut ular terlihat membesar, karena baru memakan entok. Setelah dipegang-pegang perutnya oleh warga, entok yang sempat ditelan ular itu dimuntahkan kembali.

Menurut Yuli baru kali ini ditempatnya ditemukan ular piton albino atau yang biasa dikenal sanca kembang. Dia menduga jika ular tersebut merupakan ular peliharaan yang lepas sejak kecil dan lama serta mencari makan di sungai dekat perkampungan warga.

"Ini sepertinya peliharaan, tapi sudah dari kecil lepas kayaknya, soalnya kutunya banyak. Kemungkinan sudah lama di sungai, karena kulitnya juga sudah pada luka luka," ujarnya.

Saat ini ular tersebut diamankan oleh warga dikandang bekas burung milik warga setempat.



Saksikan juga video Ketika Puluhan Ular Piton Serbu Permukiman Warga di Tangerang:

[Gambas:Video 20detik]


Warga Purwokerto Tangkap Ular Piton Albino Sehabis Sikat Itik
(arb/bgs)