Lagi! Ternak Warga Lereng Lawu Diduga Diserang Macan Tutul

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 23 Nov 2018 14:54 WIB
Ilustrasi (Foto: dikhy sasra)
Karanganyar - Hewan buas diduga macan tutul kembali memangsa hewan ternak milik warga lereng Gunung Lawu. Seperti kemarin, peristiwa juga terjadi di Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar.

Peristiwa terjadi pada Kamis (22/11/2018) sekitar pukul 23.30 WIB. Saat itu warga tengah melakukan ronda tak jauh dari lokasi.

"Kemarin kita sedang melakukan siskamling. Lalu ada warga yang melihat macan menyerang kambing. Kami langsung mendatangi lokasi," kata Kapolsek Jatiyoso, Iptu Subarkah, melalui telepon, Jumat (23/11/2018).


Macan tersebut kemudian kabur setelah didatangi warga. Sebanyak enam kambing ditemukan dalam kondisi tewas di kandang.

Atas peristiwa tersebut, Kapolsek meminta warga untuk melakukan ronda setiap malam. Jumlah warga yang ronda juga harus diperbanyak.

"Sejauh ini baru kita lakukan penebalan keamanan, belum sampai membuat jebakan," ujarnya.


Kali ini sudah ada 24 kambing di Jatiyoso yang mati diserang macan. Rencananya kambing-kambing yang masih hidup akan ditempatkan di satu lokasi agar memudahkan pemantauan.

Diberitakan sebelumnya, hewan buas diduga macan tutul menyerang ternak di Tawangmangu tiga pekan lalu. Hewan itu kembali muncul di Jatiyoso sejak tiga hari yang lalu. (bai/mbr)