DetikNews
Kamis 22 November 2018, 18:03 WIB

Ombudsman Temui Dekan Teknik UGM Soal Dugaan Perkosaan, Ini Hasilnya

Ristu Hanafi - detikNews
Ombudsman Temui Dekan Teknik UGM Soal Dugaan Perkosaan, Ini Hasilnya Ombudsman temui Dekan Fakultas Teknik UGM. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Ombudsman RI (ORI) Perwakilan DIY mendatangi Fakultas Teknik UGM untuk investigasi penanganan kasus dugaan pemerkosaan mahasiswi UGM. Kepala ORI DIY, Budhi Masthuri turun langsung menemui Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizam.

Di sela-sela rombongan, juga tampak Komisioner ORI Pusat, Adrianus Meliala. Menurut Budhi, ORI pusat memang turut memantau proses investigasi ini.

"Ada Prof Adrianus, dari ORI Pusat sebagai pimpinan ikut men-supervisi langsung," kata Budhi seusai melakukan pertemuan dengan Dekan Fakultas Teknik UGM di Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM, Kamis (22/11/2018).


Pertemuan antara ORI DIY, ORI Pusat, dan Dekan Fakultas Teknik UGM berlangsung tertutup sekitar 2,5 jam.

Budhi menyebutkan investigasi dilakukan untuk mengumpulkan informasi sejauh mana pihak fakultas menangani permasalahan dugaan pemerkosaan ini.


"Ombudsman tidak fokus kepada kasusnya, tapi Ombudsman fokus kepada bagaimana kampus menangani kasusnya," ujarnya.

"Fakultas Teknik sebagai fakultas di mana HS (terduga pelaku) berada, memiliki peran tertentu yang itu kemudian kita kumpulkan informasinya, dan memperoleh penjelasan terbuka dari dekan dan jajaran, dokumen penting terkait penelaahan masalah ini juga tadi diberikan," imbuh Budhi.

Komisioner Ombudsman RI (ORI) Pusat, Adrianus Meliala yang hadir dalam pertemuan itu menolak berkomentar terhadap kasus ini.

"Saya hanya sidak, no comment dulu," kata Adrianus, seusai pertemua.

Namun demikian, Adrianus menegaskan saat penyusunan rekomendasi hasil investigasi nanti, ORI DIY harus berkoordinasi dengan ORI Pusat. Akan tetapi dia tidak mau berandai-andai seperti apa rekomendasi yang akan disusun nantinya.

"Itu harus (susun rekomendasi minta masukan dari ORI Pusat), rekomendasi nanti masih jauh (tahapannya)," jelasnya.


Saksikan juga video 'KKN UGM Diguncang Skandal Dugaan Pelecehan Seksual':

[Gambas:Video 20detik]


Ombudsman Temui Dekan Teknik UGM Soal Dugaan Perkosaan, Ini Hasilnya

(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed