DetikNews
Kamis 22 November 2018, 17:48 WIB

Hewan Buas Kembali Menyerang Ternak Warga di Lereng Lawu

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Hewan Buas Kembali Menyerang Ternak Warga di Lereng Lawu Kambing korban terkaman hewan buas di lereng Lawu (Foto: Istimewa)
Karanganyar - Hewan buas kembali muncul di lereng Gunung Lawu. Setelah terlihat di Tawangmangu tiga pekan lalu, kini hewan buas itu terlihat di Dusun Gondang, Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar.

Sama seperti di Tawangmangu, hewan buas ini menyerang kambing-kambing di pemukiman warga. 18 ekor kambing ditemukan mati dengan kondisi mengenaskan.


Kapolsek Jatiyoso, Iptu Subarkah, mengatakan peristiwa terjadi dalam dua hari terakhir. Warga baru mengetahui kejadian itu pada Rabu dan Kamis pagi.

"Warga baru melaporkan kejadian tersebut tadi pagi. Kami langsung mendatangi lokasi kejadian," kata Subarkah saat dihubungi detikcom, Kamis (22/11/2018).
Hewan Buas Kembali Menyerang Ternak Warga di Lereng Lawu(Foto: Istimewa)

Terdapat tiga lokasi di dusun tersebut yang menjadi sasaran hewan buas. Kemarin hewan itu melakukan penyerangan di dua lokasi. Sedangkan satu lokasi lainnya diserang hari ini.

"Jadi ada tiga tempat kejadian perkara (TKP). Kemarin ada dua TKP, tadi ada satu TKP," ujarnya.


Kapolsek menduga hewan buas ini sama dengan hewan yang menyerang kambing di Tawangmangu. Jika benar, kemungkinan hewan buas tersebut ialah macan tutul.

"Kemungkinan sama, karena modusnya sama. Jarak antara hutan di Tawangmangu dan Jatiyoso kan juga dekat," katanya.
Hewan Buas Kembali Menyerang Ternak Warga di Lereng Lawu(Foto: Istimewa)

Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Dia juga meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

"Kami imbau masyarakat untuk lebih berhati-hati, karena binatang ini bisa muncul kapan saja," tutupnya.
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed