DetikNews
Rabu 21 November 2018, 16:15 WIB

Ada Penampakan Buaya di Hilir Bengawan Solo, Amankah Wilayah Hulu?

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ada Penampakan Buaya di Hilir Bengawan Solo, Amankah Wilayah Hulu? Bengawan Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Buaya yang penampakannya muncul di Bengawan Solo daerah Bojonegoro, Jawa Timur, hingga saat ini belum ditangkap. Akankah buaya-buaya itu berenang sampai ke Kota Solo?

Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Surakarta, Titi Sudaryanti, menyampaikan kecil kemungkinan hal itu terjadi. Sebab, arah arus air ialah menuju ke timur.

"Kemungkinannya kecil. Soalnya kan arah arus airnya ke timur. Kalau melawan arus sulit, jaraknya jauh juga kan," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (21/11/2018).

Soal kemungkinan adanya populasi buaya liar yang masih hidup di Bengawan Solo, BKSDA memperkirakan sudah tidak mungkin. Dia menduga buaya yang muncul di Bojonegoro ialah buaya peliharaan yang lepas.


"Kalau liar nggak ya. Kemungkinan punya warga lalu lepas," ujarnya.

Di sekitar Kota Solo juga pernah terjadi hal serupa, tepatnya di Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Buaya besar pernah muncul di anak sungai Bengawan Solo.

Peristiwa terjadi pada 10 April 2018 lalu. Buaya sepanjang 4 meter itu berhasil ditangkap sebelum masuk ke arus utama Bengawan Solo.


"Iya terakhir lihat beberapa bulan yang lalu, milik warga tapi lepas. Kalau sebelum itu belum pernah dengar di daerah sini ada buaya lepas," kata Kades Palur, Sugito melalui telepon.

Setelah ditangkap, buaya itu diserahkan ke Taman Satwa Taru Jurug untuk dirawat. BKSDA juga menegaskan masyarakat yang memiliki buaya agar segera menyerahkannya kepada BKSDA.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed