DetikNews
Selasa 20 November 2018, 13:54 WIB

Polda DIY Sudah Temui Mahasiswi UGM Korban Dugaan Perkosaan

Ristu Hanafi - detikNews
Polda DIY Sudah Temui Mahasiswi UGM Korban Dugaan Perkosaan Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Polda DIY terus melakukan penyelidikan kasus dugaan pemerkosaan mahasiswi UGM. Terakhir, polisi menemui korban untuk dimintai keterangannya.

"Korban sudah ditemui tim penyelidik, dimintai keterangannya," kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto saat dimintai konfirmasi, Selasa (20/11/2018).

Namun Yuliyanto belum bersedia membeberkan apa hasil dari pemeriksaan tersebut dengan alasan masuk materi penyelidikan. "Ini masih penyelidikan, belum naik penyidikan," jelasnya.

"Kalau sudah masuk penyidikan, nanti bisa kami sampaikan beberapa hasilnya, berapa saksi yang diperiksa, terlapor, tersangka. Sedangkan di penyelidikan ini, semuanya belum bisa diekspos ke publik," imbuh Yuliyanto.


Selain menemui korban, polisi juga terus berkoordinasi dengan UGM dan Polda Maluku.

"Ini terus berkoordinasi, komunikasi. Sejauh ini belum ada kendala meskipun dalam penanganan kasus ini kami mengedepankan aspek kehati-hatian, karena ini kan dugaan tindak asusila, dugaan pemerkosaan," pungkasnya.


Diketahui, kasus dugaan perkosaan menimpa seorang mahasiswi UGM saat menjalani KKN di Pulau Seram, Maluku pada tahun 2017 silam. Korban diduga diperkosa oleh teman KKN-nya sendiri.

Sejak saat itu, menurut laporan dari BPPM Balairung dalam tulisan berjudul 'Nalar Pincang UGM atas Kasus Perkosaan', korban telah melapor ke kampus dan mengadvokasi dirinya atas kasus ini. Korban juga dalam pendampingan LSM Rifka Annisa.

UGM membentuk tim internal terkait kasus ini sejak awal tahun lalu. Tim ini melakukan investigasi dan mendatangi lokasi kejadian di Maluku. Kasus ini kemudian mencuat dan menjadi perhatian publik setelah tulisan dari persma kampus dipublikasikan. Dorongan dari beberapa pihak di antaranya LPSK dan Ombudsman datang agar kasus ini ditangani oleh polisi. Polda DIY berkoordinasi dengan Polda Maluku akhirnya turun tangan melakukan penyelidikan.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed