DetikNews
Senin 19 November 2018, 12:31 WIB

Juara! Bocah Solo Ini Raih Medali Emas Karate Internasional di Belgia

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Juara! Bocah Solo Ini Raih Medali Emas Karate Internasional di Belgia Nandana Putra Purnama menang liga karate di Belgia. Foto: Istimewa
Solo - Kabar gembira datang dari Belgia. Seorang siswa SD Al-Islam 2 Jamsaren, Nandana Putra Purnama menjadi juara dalam liga karate tingkat internasional di Belgia.

Siswa kelas lima itu mengikuti dua kategori dalam liga bernama 3rd edition of International Karate Open of Province de Liege 2018, yakni kumite dan kata. Dia meraih medali emas untuk kedua kategori itu.

Kejuaraan digelar di Kota Herstal pada 14-21 November 2018. Saat ini kejuaraan masih berlangsung untuk beberapa kategori lain.

"Dari Indonesia ada enam orang yang mewakili, salah satunya Nanda. Mereka adalah para pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)," kata Guru Olahraga SD Al-Islam 2 Jamsaren, Danang Sugianto saat ditemui detikcom, Senin (19/11/2018).

Adapun kategori kata diikuti 12 peserta. Sedangkan kategori kumite diikuti 32 peserta. Mereka berasal dari berbagai negara, antara lain Prancis, Belanda dan Belgia.


Atas prestasinya, Kepala SD Al-Islam 2 Jamsaren, Dian Purwaningsih, berjanji akan memberikan penghargaan bagi siswa beralamat Kelurahan Tipes, Serengan, Solo itu. Dia juga akan menyambut kedatangan Nanda saat kembali ke Solo.

Nandana Putra Purnama. Nandana Putra Purnama. Foto: Istimewa

"Memang untuk pemenang kejuaraan mulai tingkat kota selalu kita beri uang pembinaan. Nanti ada juga piala dan tentu akan kita sambut saat tiba di Solo," ujar Dian.


Dian menyebut Nanda adalah siswanya yang pertama kali meraih juara di tingkat internasional. Dia berharap Nanda bisa menjadi inspirasi bagi teman-temannya untuk meraih prestasi yang tinggi.

"Kalau tingkat nasional kita pernah bili tangkis, olimpiade matematika. Memang selain akademik, kita terus mendorong siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakatnya," tutupnya.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed