DetikNews
Rabu 14 November 2018, 19:23 WIB

Bupati Nonaktif Purbalingga, Tasdi Pernah Minta Uang ke Pejabat

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Bupati Nonaktif Purbalingga, Tasdi Pernah Minta Uang ke Pejabat Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Purbalingga diperiksa sebagai saksi dalam persidangan dengan terdakwa Bupati nonaktif Purbalingga, Tasdi. Dalam kesaksian mereka, Tasdi pernah meminta uang kepada para pejabat.

Sekertaris Daerah Purbalingga, Wahyu Kontardi menjadi salah satu yang datang ke Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Semarang. Wahyu mengungkapkan terdakwa mengkode meminta uang ketika pengajuan Amdal Lalu Lintas oleh pengusaha yang akan membangun SPBU.

"Setelah menandatangani Amdal, Bupati menyampaikan, 'gawe usaha kok ora ana apa-apane' (membuat usaha kok tidak ada apa-apanya)," kata Wahyu dalam persidangan yang dipimpin hakim, Antonius Wididjantono itu, Rabu (14/11/2018).

Wahyu mengungkapkan saat itu Tasdi mengatakan kalau harus ada 'apa-apa'. Setelah itu Wahyu menyampaikan kepada pengusaha yang akan membangun SPBU dan akhirnya ada penyerahan uang Rp 50 juta melalui ajudan.

"Ini titipan dari pengusaha yang mengajukan Amdal Lalulintas kemarin," ujar Wahyu seperti ketika menyerahkan uang kepada ajudan Tasdi.

Sementara itu saksi lainnya yaitu Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko. Ia mengatakan uang yang diberikan kepada Tasdi sebagai bentuk loyalitas. Ia mendapatkan uang itu dari kantong sendiri dan rekanan pelaksana proyek.

"Pemberian itu sebagai bentuk loyalitas kepada atasan," kata Priyo sembari menjelaskan penyerahan uang itu ketika dirinya masih menjabat kepala Dinas Pekerjaan Umum.

Untuk diketahui Tasdi didakwa dalam kasus suap proyek Islamic Center tahap II di daerahnya. Tasdi juga didakwa dalam kasus Gratifkasi dengan nilai gratifikasi sekitar Rp 1,46 miliar dan USD 20 ribu.
(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed