DetikNews
Rabu 14 November 2018, 13:36 WIB

Gara-gara Burung, Pria di Pekalongan Ini Terancam Bui 6 Tahun

Robby Bernardi - detikNews
Gara-gara Burung, Pria di Pekalongan Ini Terancam Bui 6 Tahun Tiga burung yang dicuri KH di Pekalongan. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Seorang pria berinisi KH alias Roni (39) harus berurusan dengan polisi karena mencuri tiga ekor burung. Tiga burung yang dicuri KH terdiri dari burung Cucak Hijau, Kenari Kuning dan Trucuk.

"Kita menerima dua laporan di dua lokasi yang berbeda yakni di Perumahan Mukti Wibowo dan rumah di Kelurahan Pekuncen," kata AKP Yosira Prabowo di Mapolsek Wiradesa, Pekalongan kepada detikcom, Rabu (14/10) .

Korban pertama diketahui bernama Eko Budi Santoso (39) warga Perumahan Mukti Wibowo, Wiradesa yang telah kehilangan Cucak Hijau sekaligus sangkarnya senilai Rp 5 juta. Sedangkan korban kedua Abdul Sobari (38) warga Pekuncen, Wiradesa kehilangan burung kenari kuning senilai Rp 500 ribu dan trucuk .

"Ceritanya para korban ini menaruh burung-burung tersebut di teras rumah masing-masing. Burung keduanya sudah tidak berada di lokasi bersama sangkarnya diketahui saat subuh," kata Yorisa.


Dari hasil pemeriksaan saksi polisi mengantongi nama yang merujuk pada tersangka yang kini telah diamankan polisi.

"Kita amankan tadi pagi pelaku saat berada di depan minimarket di Pekuncen. Kita mintai keterangan dan benar adanya dialah pelakunya. Barang bukti berupa burung kita amankan," katanya.


Selain mengamankan barang bukti berupa tiga ekor burung yang masih lengkap dengan sangkarnya, polisi juga mengamankan sebuah sepeda motor milik pelaku yag digunakan untuk mencuri burung dengan nomor polisi G 3108 FV.

"Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman enam tahun penjara," jelasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed