DetikNews
Selasa 13 November 2018, 19:30 WIB

Sekolah Kecam Perekam Video Bocah Jatuh dari Lantai 3 SD di Sleman

Ristu Hanafi - detikNews
Sekolah Kecam Perekam Video Bocah Jatuh dari Lantai 3 SD di Sleman SD Kanisius Demangan Baru, Depok, Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Pihak SD Kanisius Demangan Baru, Depok, Sleman mengecam pihak-pihak yang merekam video peristiwa siswanya jatuh dari jendela lantai 3 gedung sekolah. Pihak sekolah menyebut seharusnya perekam mengutamakan memberi pertolongan kepada penyintas (korban).

"Kita sesalkan tentang video, artinya yang mem-video ini tahu ada kondisi seperti itu. Tapi kalau kita lihat dalam tindakan terjadi pengabaian, artinya tidak melakukan tindakan yang sifatnya menghentikan. Bagaimana caranya menolong kalau dia (korban) tidak bisa masuk lagi ke dalam jendela, kalau tahu seperti itu ya segeralah membantu, tetapi ini kan tidak," kata juru bicara SD Kanisius Demangan Baru, A Lesto Prabhancana Kusumo kepada wartawan, Selasa (13/11/2018).

Lesto menyinggung hasil dari rekaman yang diambil dari seberang jalan sekolah itu.


"Kita bisa lihat video stabil, tidak gemetar panik, artinya dia ingin mendapatkan suatu momen. Kita di suasana era media, ingin dapat informasi share ke medsos. Artinya dia sadar mengambil gambar untuk kepentingan dia," sebutnya.

Pihak sekolah, lanjut Lesto, saat ini sedang mendiskusikan langkah yang akan diambil soal perekaman video peristiwa siswa jatuh itu. Salah satunya wancana melapor ke polisi.


"Kami sedang mempertimbangkan untuk melapor ke polisi," kata Lesto.

"KUHP bisa kena ini, UU Perlindungan Anak bisa kena, UU ITE juga," imbuhnya.

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed