Pohon Flamboyan Besar Ini Tiba-tiba Tumbang Timpa Mobil di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 13 Nov 2018 17:01 WIB
Pohon flamboyan tumbang menimpa mobil. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Tak ada hujan tal ada angin, sebuah pohon flamboyan ukuran besar tumbang menimpa mobil yang diparkir di halaman Benteng Vastenburg, Solo. Akibatnya, mobil Avanza bernomor polisi B 1564 PYH tersebut ringsek.

Peristiwa terjadi pada Selasa (13/11/2018) sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu cuaca Kota Solo sedang tidak hujan maupun berangin.

Mobil tersebut digunakan oleh Diaz Arjun Ardian, seorang pengusaha di Solo. Saat itu dia tengah menyiapkan sebuah acara yang digelar tak jauh dari lokasi pohon tumbang.

"Kebetulan mobil itu bukan milik saya. Tapi memang ini saya yang bawa," kata Arjun kepada wartawan.


Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, Arjun meminta pemerintah agar mendata pohon-pohon tua.

"Kan seperti ini bahaya sekali. Apalagi di Benteng Vastenburg ini kan sering dipakai acara nasional dan internasional," ujarnya.

Setelah peristiwa itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surakarta, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan relawan bekerja sama mengevakuasi mobil. Setelah batang pohon berhasil dipotongi, mobil kemudian diderek ke bengkel.


Sementara itu, Kepala BPBD Surakarta, Eko Prajudhy Noor Aly, mengatakan pohon tumbang disebabkan oleh pohon yang sudah tua. Pohon itu diperkirakan sudah berusia puluhan tahun.

Pihaknya mengaku akan mengecek kembali pohon-pohon tua, terutama di jalan utama. Untuk mengantisipasi pohon tumbang, BPBD dan DLH akan memangkas ranting-ranting pohon yang lebat.

"Kami meminta masyarakat lebih waspada ketika di jalan, terutama saat hujan," kata Eko. (bai/mbr)