Geram, Bupati Kendal Datangi Pelaku Video Murid Bully Guru

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 12 Nov 2018 12:49 WIB
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Kendal - Bupati Kendal, Mirna Anissa terkejut dengan viralnya video guru dibully di SMK NU 03 Kaliwungu. Ia pun mendatangi sekolah tersebut untuk memastikan apa yang terjadi.

Keterangan tertulis dari kepala sekolah sebenarnya sudah beredar dan menyebut peristiwa itu hanya guyonan. Namun Bupati tetap datang bahkan menasihati 5 anak yang terlibat dalam video berdurasi 24 detik tersebut.

Mirna bertemu lima siswa tersebut di ruang kepala sekolah. Ia menasihati mereka yang terus menunduk ketika Mirna bicara. Di ruangan tersebut juga turut hadir wali murid yang dipanggil pihak sekolah.

Bupati meminta penjelasan terkait video itu kepada para siswa. Ia juga meminta agar mereka berjanji tidak mengulanginya lagi. Bahkan Mirna juga menggertak jika mereka nakal boleh dititipkan ke kantor polisi.

"Kalau nakal, agak nakal, titipin ke polres boleh kok sehari dua hari apa ke polsek," kata Mirna kepada wali murid yang datang, Senin (12/11/2018).

Pertemuan antara Bupati dan guru beserta perwakilan Pengawas SMK Dinas Pendidikan Jawa Tengah juag digelar untuk membahas peristiwa yang terjadi hari Kamis (8/11) lalu itu. Secara pribadi, Mirna mengaku prihatin dengan perlakuan para siswa dan guru dalam video itu.

"Dari kronologinya ditanya siapa (melempar kertas) tidak ngaku, kemudian maju 5 orang seolah tidak apa-apa, dari situ etika sudah tidak ada, Reaksi gurunya juga menenangkan dengan cara atraksi kan contoh etika tidak ada. Tidak ada nilai pendidikannya," pungkas Mirna.

Ia menjelaskan, wewenang tindakan terhadap SMK berada di bawah Dinas Pendidikan Jawa tengah, namun Mirna merasa perlu turun tangan karena berkaitan dengan etika warga Kendal.

"Saya prihatin, jangan sampai ditiru siapapun," tegasnya.


Saksikan juga video 'Viral Guru Dikeroyok Murid-muridnya di Kendal, Ini Kata Kepsek':

[Gambas:Video 20detik]

(alg/bgs)