DetikNews
Jumat 09 November 2018, 17:50 WIB

Cegah Banjir di Musim Hujan, Semarang Siapkan Ekskavator

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Cegah Banjir di Musim Hujan, Semarang Siapkan Ekskavator Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Alat berat seperti eskavator saat ini menghiasi pinggir-pinggir jalan Kota Semarang terutama di saluran air. Hal itu ternyata untuk perbaikan drainase menghadapi musim hujan.

Perbaikan yang dilakukan Pemkot Semarang tersebut berada di 8 titik yaitu Muktiharjo Kidul, Mangunharjo, Sendang Mulyo, Simpang Lima, Embung Wonolopo, MT Haryono, Kali Semarang, dan Pandean Lamper. Ada juga yang dikerjakan oleh Bina Marga karena berkaitan dengan jalan yaitu Jalan Supriyadi dan Jalan Indraprasta.

"Kami saat ini memang fokus pada penanggulangan banjir karena hujan," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Jumat (9/11/2018).

Ia mengatakan fokus antisipasi banjir karena hujan itu dilakukan sejalan dengan penanganan banjir akibat rob. Saat ini revitalisasi sungai dan menutup muara dilakukan untuk antisipasi.

"Ada 4 sungai yang dikerjakan yaitu Banjir Kanal Barat, Tenggang, Sringin, dan Babon," tandasnya.

Dengan putupan muara di Sungai Tenggang, Sringin, dan Babon, maka dikerahkan pompa air. Daerah yang terdamoak cukuo parah rob yaitu di sekitar Genuk sehingga langkah tersebut diharapkan bisa mengantisipasi rob saat musim hujan datang.

"Dengan ditutupnya 3 sungai itu akan ada konstruksi teknis dengan pemasangan pompa dan rumah pompa yang sudah disiapkan di daerah aliran Sungai Tenggang maupun Sungai Sringin," tegasnya.

Untuk diketahui, saat musim hujan sebelumnya, sejumkah titik masih dilanda banjir. Bahkan air juga meluap dari sungai banjir kanal Timur. Sementara itu untuk kondisi cuaca, BMKG memprediksi curah huja tinggi kali ini akan terjadi bulan Januari 2019.


Saksikan juga video 'Waspada! Aceh Hingga Sulawesi Tengah Rawan Banjir Bandang':

[Gambas:Video 20detik]


(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed