DetikNews
Senin 05 November 2018, 17:01 WIB

Angkutan Umum dan Tradisional yang Bakal Bisa Lewat Malioboro

Pradito Rida Pertana - detikNews
Angkutan Umum dan Tradisional yang Bakal Bisa Lewat Malioboro Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DIY berencana melakukan pengaturan arah lalu lintas ke kawasan Malioboro dengan rute melingkari sirip-sirip kawasan tersebut. Dengan pengaturan itu, kawasan Malioboro hanya boleh dilintasi kendaraan umum dan kendaraan tradisional.

"Nanti (Rencananya) yang boleh masuk Malioboro hanya andong, becak kayuh, sepeda kayuh, bus Trans Jogja dan kendaraan khusus lainnya," kata Kepala Dishub DIY, Sigit Sapto Raharjo saat ditemui usai rapat koordinasi terkait pengaturan arah lalu lintas Malioboro di Kantornya, Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Senin (5/11/2018).

Hal tersebut dilakukan karena lebar Jalan Malioboro hanya sekitar 6 meter, terlebih kerap dilewati banyak kendaraan bermotor yang berpotensi menimbulkan perlambatan. Karena itu, pihaknya berencana melakukan pengaturan arah lalu lintas ke Malioboro dan memaksimalkan kantong parkir seperti di Ngabean, Panembahan Senopati dan Abu Bakar Ali (ABA).

"Jadi bus-bus dan kendaraan (pribadi) itu nanti hanya bisa ke parkiran dan dari parkiran naik andong apa becak kayuh ke Malioboro," ujarnya.

Disinggung mengenai kendaraan yang keluar masuk di Kantor DPRD DIY dan beberapa perkantoran di Jalan Malioboro, nantinya akan diarahkan ke melalui sebelah timur Malioboro.

"Kalau di Kepatihan kan pintu masuk dan keluarnya sudah dari sisi timur. Rencananya untuk di DPRD (DIY) juga (dilewatkan) sisi timur yang jualan sepatu-sepatu itu," ucapnya.

Disinggung mengenai bus yang membawa penumpang dan bertujuan langsung ke hotel yang berada di kawasan Malioboro, Sigit juga memberlakukan hal yang sama dengan mengarahkan bus-bus tersebut ke kantong parkir yang telah disediakan.

"Besok (jika direalisiasikan) bus tetap tidak boleh masuk Hotel dan harus parkir di tempatnya, jadi pengunjung bisa naik andong dan transportasi khusus ke Hotelnya," katanya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed