DetikNews
Selasa 23 Oktober 2018, 17:15 WIB

Gerindra Yakin Jokowi akan Gagal Raup 82% Suara di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Gerindra Yakin Jokowi akan Gagal Raup 82% Suara di Jateng Jokowi-Ma'ruf Amin (Foto: Zaki Alfarabi)
Semarang - Calon Presiden Joko Widodo memberikan target suara hingga 82 persen di Jawa Tengah berdasarkan survei. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ferry Juliantono, yakin target itu tak akan tercapai.

Ferry Juliantono mengatakan pada Pilgub Jateng, survei PDIP menyebut pasangan yang diusung Gerindra yaitu Sudirman-Ida hanya akan memperoleh 23 persen suara, namun hasilnya memperoleh dukungan 43 persen.

"Menurut datanya dari mana. Pilgub kemarin (surveinya) berantakan. Pasangan Pak Sudirman Said dan Mbak Ida Fauziyah (mendapat suara) dapat 43 persen. Ya Pak Jokowi dasarnya apa? Dasar survei? Surveinya salah semua. Pilgub (hasil) survei Pak Sudirman dan Mbak Ida 23 persen, salah," kata Ferry sebelum pembekalan caleg Gerindra di UTC Semarang, Selasa (23/10/2018).


Meski kalah dalam Pilgub Jateng, perolehan suara Gerindra di Jateng bisa menjadi bekal untuk memenangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Selain itu menurut Ferry warga Jawa Tengah sudah tidak percaya dengan Jokowi.

"Bekal lainnya, rakyat Jateng sudah enggak percaya Jokowi juga, kok," tegasnya.

Menurutnya target yang dipatok Jokowi di Jawa Tengah tidak akan tercapai. Bahkan Ferry juga menyindir agar Jokowi sekalian mematok target yang mustahil. "Kalau bisa (target) 120 persen saja, bilang Pak Jokowi," sindir Ferry.


Untuk diketahui Jokowi memberikan target 78 persen hingga 82 persen suara di Jawa Tengah. Menurutnya hal itu diperoleh dari survei berdasarkan sejumlah tren antara lain elektabilitas partai dan calon.

"Di Jawa Tengah ini kita harapkan antara 78 persen sampai 82 persen. Ini dari kalkulasi dan hitung-hitungan yang didapatkan dari sebuah tren," kata Jokowi di Semarang, Sabtu (20/10) lalu.


Saksikan juga video 'LSI Denny JA: Suara Jokowi Ungguli Prabowo di Semua Pulau':

[Gambas:Video 20detik]


(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed