DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 12:12 WIB

Menteri Pertahanan India Temui Sultan HB X, Apa yang Dibahas?

Usman Hadi - detikNews
Menteri Pertahanan India Temui Sultan HB X, Apa yang Dibahas? Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman bertandang ke Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY siang ini. Dia mengadakan pertemuan tertutup dengan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Gedung Wilis. Apa yang dibahas?

Seusai pertemuan, Sri Sultan HB X menjelaskan bahwa kedatangan Nirmala ke Kompleks Kepatihan hanya untuk bertegur sapa dengan dirinya. Apalagi hubungan Indonesia dengan India sejak lama sudah terjalin dengan baik.

"Ya (kedatangan Nirmala) sekedar say hello saja," kata Sultan kepada wartawan usai pertemuan, Senin (22/10/2018).

Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman.Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman. Foto: Usman Hadi/detikcom


Sekda DIY Gatot Saptadi menjelaskan, dalam kunjungannya ke Indonesia Nirmala memang memiliki sejumlah agenda penting. Salah satunya yakni bertemu dengan Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X.


Dalam pertemuan tersebut, kata Gatot, Nirmala sempat bercerita bahwa ayah Sri Sultan HB X atau Sri Sultan HB IX merupakan tokoh Indonesia yang cukup populer di telinga masyarakat India.

"Habis itu Ngarso Dalem cerita masalah sejarah. Memang sejarahnya panjang hubungan antara India dengan Yogya, masa sebelum republik sudah (terjalin)," paparnya.


"Bahkan beliau (Sri Sultan HB X) bercerita pascarevolusi pas (ibu kota Indonesia) pindah ke Yogya kemudian yang ada di sini adalah Konjen India," lanjutnya.

Sementara seusai bertemu Sultan, Nirmala dikabarkan masih memiliki sejumlah agenda pribadi di Yogyakarta. Di antaranya menteri perempuan tersebut akan berkunjung ke Candi Prambanan dan Borobudur.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed