DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 18:40 WIB

Gunungan Berisi 10 Ribu Bakpia Ludes Diperebutkan di Yogyakarta

Edzan Raharjo - detikNews
Gunungan Berisi 10 Ribu Bakpia Ludes Diperebutkan di Yogyakarta Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Grebeg Bakpia di kampung Pathuk Yogyakarta menyedot perhatian warga. Ribuan warga pun berebut gunungan yang berisi 10 ribu bakpia tersebut.

Sebanyak 5 buah gunungan berisi oleh-oleh khas Yogyakarta itu ludes dalam beberapa menit. Usai didoakan, ribuan warga yang sudah bersiap langsung menyerbu gunungan. Rayahan (rebutan) gunungan grebeg Bakpia ini dipusatkan dihalaman kosong di Jl KS Tubun, Pathuk, Ngampilan, Yogyakakarta.

"Seru ya, ini pertamakali saya ikut dan hanya di Yogya. Tadi sempat panik karena banyak banget, tetapi ternyata asyik, senang, dan saya senang bakpia,"kata salah satu warga dari Balikpapan, Kalimantan, Herawati, dilokasi, Minggu (20/10/2018).

Wakil Walikota Yogyakara, Heroe Poerwadi mengatakan pemkot Yogyakarta mensuport agar bakpia ini benar-benar menjadi identitas dan menjadi brand Yogyakarta selain Gudeg. Grebeg Bakpia ini sebagai bagian memperkuat dari bagaimana sejarah pertumbuhan dan perkembangan bakpia di Pathuk Yogyakarta.

"Sehingga orang ke Yogya selain ke gudeg, bakpia juga bagian penting untuk jadi oleh-oleh," kata Heroe Poerwadi di lokasi Grebeg Bakpia.

Sebelum diperebutkan, gunungan bakpia lebih dahulu diarak mengitari Ngampilan diiringi kelompok-kelompok kesenian warga. Gunungan Bakpia diarak dari Jl KS Tubun kearah barat menuju jalan Letjend Suprapto keselatan menuju Ngabean kearah timur ke Jl KH Ahmad Dahlan. Dari jalan Ahmad Dahlan kemudian ke jalan Bayangkara kemudian kembali lagi ke jalan KS Tubun.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed