DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 13:11 WIB

Polisi Belum Tetapkan Tersangka Pencemaran Air PDAM Solo

bai - detikNews
Polisi Belum Tetapkan Tersangka Pencemaran Air PDAM Solo Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
solo - Polda Jawa Tengah menggelar rekonstruksi kasus pencemaran air PDAM Surakarta, Sabtu (20/10/2018). Namun polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus ini.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jateng, Kombes Pol Muhammad Hendra Suhartiyono, mengatakan polisi masih akan melakukan gelar perkara.

"Setelah ini kita akan gelar perkara dulu baru kita tetapkan tersangka," kata Hendra usai menggelar rekonstruksi di pabrik di Jalan Adi Soemarmo, Banyuanyar, Solo.

Selain itu, polisi juga masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap air yang tercemar limbah pabrik kimia tekstil itu. Diharapkan hasilnya akan terungkap Senin besok.
Polisi Belum Tetapkan Tersangka Pencemaran Air PDAM SoloFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

"Insya Allah Senin nanti akan kita cek, mudah-mudahan cepat selesai," ujar dia.

Sedangkan rekonstruksi kali ini menurutnya dilakukan untuk memperjelas kronologis kejadian dan peran para saksi dan orang yang diduga menjadi tersangka.

"Ini untuk memperjelas fungsi masing-masing saksi, orang yang kita duga sebagai tersangka, dan pegawainya," katanya.

Adapun rekonstruksi digelar mulai pukul 10.00 WIB dari rumah warga yang terdampak pencemaran air. Kemudian adegan berlanjut dengan penyisiran tim PDAM yang mencari sumber pencemaran.

Rekonstruksi kemudian dilanjutkan di dalam pabrik bernama PT Mahkota Citra Lestari itu. Namun reka ulang kejadian berlangsung tertutup. Kegiatan berakhir sekitar pukul 11.45 WIB.

"Tadi ada tujuh sampai delapan adegan. Ada enam sampai tujuh saksi yang kita libatkan," kata dia.
(bai/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed