DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 11:05 WIB

50 Ribu Santri Nusantara akan Padati Solo Hari Ini

bai - detikNews
50 Ribu Santri Nusantara akan Padati Solo Hari Ini Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Puluhan ribu santri dari seluruh Indonesia akan mengikuti apel akbar di Benteng Vastenburg, Solo, sore ini, Sabtu (20/10/2018). Diprediksi kepadatan lalu lintas Kota Solo bakal meningkat drastis.

Kepadatan lalu lintas diperkirakan terjadi akibat banyaknya bus rombongan santri yang masuk Kota Solo. Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta menyiapkan beberapa langkah guna mengantisipasinya.

Kabid Lalu Lintas Dishub Surakarta, Ari Wibowo, mengatakan tidak akan serta merta menutup Jalan Jenderal Sudirman meskipun bakal terdampak ramainya peserta di Benteng Vastenburg.

"Jalan Jenderal Sudirman tetap kita buka, namun situasional. Nanti tetap melihat kondisi lapangan," kata Ari kepada detikcom melalui telepon, Sabtu (20/10).

Menurutnya, langkah antisipasi justru lebih kepada pengaturan bus peserta. Mereka hanya boleh menurunkan penumpang di sekitar lokasi, kemudian parkir di tempat yang sudah ditentukan.

"Kalau nanti di Jalan Jenderal Sudirman macet, bus hanya boleh menurunkan penumpang di persimpangan sebelum Gladag," ujarnya.

Lokasi parkir bus yang disediakan, antara lain di Jalan Kapten Mulyadi (timur benteng), kawasan Alun-alun Lor, Jalan Ronggowarsito dan Jalan Arifin. Dishub juga menyiapkan Stadion Manahan sebagai lokasi parkir cadangan jika dibutuhkan.

Acara apel santri akan digelar pukul 17.00-22.00 WIB. Bus diperkirakan akan mulai berdatangan sejak pukul 12.00 WIB, mengingat lokasi apel yang harus steril pada pukul 18.00 WIB karena Presiden Joko Widodo diagendakan hadir.

Adapun acara Apel Akbar Santri Nusantara ini telah mundur dari jadwal dua kali. Pertama dijadwalkan pada 7 Oktober, acara diubah menjadi 13 Oktober. Namun karena menyesuaikan jadwal presiden, acara dimundurkan lagi hari ini.
(bai/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed