DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 15:12 WIB

Terbukti! Pabrik Cat Sambungkan Saluran Limbah ke Pipa PDAM Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Terbukti! Pabrik Cat Sambungkan Saluran Limbah ke Pipa PDAM Solo Penggalian saluran pabrik cat pencemar air PDAM di Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Pipa limbah pabrik cat PT Mahkota Citra Lestari di Solo terbukti disambungkan dengan pipa air minum milik PDAM Surakarta hingga warnanya berubah menjadi merah darah. Pembuktian dilakukan dalam sidak tim gabungan.

Tim gabungan yang terdiri dari Polresta Surakarta, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan PDAM Surakarta tampak melakukan pemeriksaan di pabrik yang berada di Jalan Adi Soemarmo, Banyuanyar, Solo, Rabu (17/10/2018).


Mereka juga menggali tanah di depan pabrik untuk memastikan kondisi pipa. Setelah digali, tampak pipa pembuangan limbah dan pipa air PDAM tersambung. Pengelola pabrik masih berkilah tidak tahu keadaan tersebut.

Selaku pengelola pabrik bernama PT Mahkota Citra Lestari, Lesi, mengatakan memang ada pembongkaran dua pekan lalu. Namun dia mengaku tidak tahu bahwa kedua pipa disambungkan.


"Dua minggu lalu kan ada truk di depan membuat pipa kami rusak. Kami minta orang untuk membetulkan pipa kami. Tidak tahu kalau ada masalah ini," ujar dia.


Saksikan juga video 'Ada Air Sirup, PDAM Bandung Langsung Bergerak':

[Gambas:Video 20detik]


(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed