DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 12:38 WIB

Penampakan Air Merah Darah yang Hampir Mengalir ke Rumah Jokowi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Penampakan Air Merah Darah yang Hampir Mengalir ke Rumah Jokowi Air PDAM Surakarta jadi merah darah. Foto: Istimewa
Solo - Air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta berubah jadi merah darah dan kini sedang diselidiki oleh aparat. Seperti apa kondisinya?

Humas PDAM Surakarta, Bayu Tunggul menceritakan air yang dikeluhkan warga berwarna merah darah dan pekat. Kadang warnanya bisa berubah jadi biru.

"Warnanya merah pekat seperti darah. Kadang warnanya biru," ujar Bayu saat dihubungi detikcom, Rabu (17/10/2018).

Meski berwarna pekat, Bayu mengatakan bahwa air tersebut tak berbau.


Bayu mengaku mendapat keluhan terus menerus dari pelanggannya. Untuk sementara, PDAM hanya melakukan pemotongan pipa dan penyaringan air.

Air PDAM Surakarta yang merah darah.Air PDAM Surakarta yang merah darah. Foto: Istimewa

"Sudah kita potong pipa-pipanya, kita buatkan washout, sudah empat titik. Sama kita kuras, walaupun setelah itu merah lagi, kan menghabiskan air," kata dia.


Aliran air berwarna merah darah ini bahkan sudah hampir mengalir ke wilayah kediaman Presiden Joko Widodo. Namun PDAM Surakarta telah ambil tindakan untuk mengantisipasinya.

Penampakan air PDAM Surakarta yang merah pekat seperti darah. Penampakan air PDAM Surakarta yang merah pekat seperti darah. Foto: Istimewa

"Itu ada di Banyuanyar, hampir masuk ke wilayah rumah Pak Jokowi. Kita sudah antisipasi dengan memotong pipa yang mengalir air warna merah," jelasnya.


PDAM Surakarta bersama Dinas Lingkungan Hidup sudah memeriksa dan akhirnya diketahui bahwa kondisi ini disebabkan oleh limbah pabrik cat. Aparat kepolisian bersama petugas Satpol PP telah mendatangi pabrik tersebut.



Saksikan juga video 'Ada 'Air Sirup', PDAM Bandung Langsung Bergerak':

[Gambas:Video 20detik]



(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed