DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 12:39 WIB

Ratusan Siswa MTs di Banjarnegara Salat Minta Turun Hujan

Uje Hartono - detikNews
Ratusan Siswa MTs di Banjarnegara Salat Minta Turun Hujan Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Kemarau panjang yang terjadi di tahun 2018 ini membuat siswa siswa MTs Negeri 2 Banjarnegara prihatin. Sebanyak 975 siswa di MTs tersebut melakukan salat Istisqa untuk meminta segera diturunkannya hujan.

Salat yang dilakukan di waktu istirahat ini dilakukan di lapangan sekolah. Salah satu siswa MTs negeri 2 Banjarnegara Arif Novan Hamdalah berharap agar hujan segera turun. Mengingat saat ini, semakin banyak warga yang mengalami krisis air bersih.

"Salat istisqa ini untuk meminta hujan. Karena banyak daerah yang mengalami kekeringan, termasuk di Banjarnegara," kata dia usai melakukan salat istisqa, Rabu (17/10/2018).

Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara Ridho Pramono mengatakan, salat istisqa ini agar hujan segera turun. Sebab, di daerah Banjarnegara dan beberapa daerah lain di Jawa Tengah banyak yang mengalami kekeringan.

"Semua siswa melakukan praktik shalat istisqa untuk meminta hujan. Tetapi hujan yang membawa berkah bukan musibah. Karena di Banjarnegara bagian selatan sudah banyak yang mengalami kekeringan," ujarnya.

Salat istisqa ini dilakukan seperti melakukan salat idul fitri. Yakni, sebelum salat terlebih dahulu diisi dengan khutbah dan doa bersama agar segera turun hujan.

"Karena di sini sudah sekitar 5 bulan belum turun hujan. Selain banyak yang krisis air bersih, juga tanaman sudah mulai kering," terangnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed