DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 18:11 WIB

Harapan Warga Pantai Baru Bantul: Jangan Recoki Lagi Sedekah Laut

Pradito Rida Pertana - detikNews
Harapan Warga Pantai Baru Bantul: Jangan Recoki Lagi Sedekah Laut Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
FOKUS BERITA: Ricuh Sedekah Laut
Bantul - Perusakan persiapan acara sedekah laut di Pantai Baru, Ngantak, Poncosari, Srandakan, Bantul pada Jumat (12/10/2018) malam membuat warga berpikir ulang untuk mengadakannya acara serupa. Hal itu dikarenakan warga tidak ingin acara yang sarat nilai budaya itu kembali dikisruh sekelompok orang.

Plt Dukuh Ngentak, Bantul, Iman Santoso mengatakan ia telah menerima kabar terkait perusakan di Pantai Baru. Hingga saat ini Iman belum melakukan komunikasi secara intens dengan warga Ngentak mengenai akan digelarnya lagi sedekah laut di tahun depan.

"Hingga saat ini belum ada komunikasi dengan kelompok nelayan (Di Pantai Baru) sebagai yang mengadakan (Sedekah laut). Jadi belum ada rencana (mengadakan lagi)," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (15/10/2018) sore.


Diungkapkan Iman, terkait kejadian tersebut memang tidak menimbulkan korban jiwa. Namun ia sangat menyayangkan adanya perusakan tersebut, terlebih sebelumnya warga tidak pernah ada yang memiliki masalah dengan pihak-pihak tertentu.

"Sebelumnya tidak ada masalah dan tidak ada yang bermasalah. (Sedekah laut) murni (Acara) kebudayaan, mungkin ada orang yang tidak suka. Sebelumnya juga ayem-ayem nggak ada yang ribut, yang bikin ribut yang bikin masalah," ucapnya.


Ditambahkan Iman, bahwa ia ingin permasalahan tersebut segera diselesaikan agar ke depannya tidak timbul masalah lagi seperti hari Jumat kemarin. Mengenai perusakan tersebut, ia menilai warga belum ada yang mempermasalahkannya.

"Tidak mempermasalahkan, cuma harapannya jangan dikisruh lagi dan dibuat ribut (Acara sedekah laut) biar kunjungan wisata ke Pantai Baru lebih banyak. Karena (Sedekah laut) murni acara tahunan kebudayaan, cuma itu saja nggak ada yang lain," pungkasnya.
(bgs/bgs)
FOKUS BERITA: Ricuh Sedekah Laut
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed