DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 17:53 WIB

Masuk Jateng, Kirab Satu Negeri Disambut Merah Putih 1 Km

Arif Syaefudin - detikNews
Masuk Jateng, Kirab Satu Negeri Disambut Merah Putih 1 Km Kirab Satu Negeri masuk Jateng. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Rombongan Kirab Satu Negeri (KSN) telah melintasi wilayah perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur tepatnya di Kecamatan Sarang, Rembang siang ini. Kedatangan tim, disambut dengan bentangan kain berwarna merah putih sepanjang 1.000 meter.

Kain tersebut dibentangkan mulai dari gapura perbatasan Jawa Tengah, hingga 1 kilometer ke arah barat. Ratusan anggota Ansor, Banser dan jajaran warga nahdliyin memegangi kain merah putih penyambutan itu.

Nampak hadir dalam penyambutan itu Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Sekretaris PW GP Ansor Jawa Timur, Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Kasatkorwil Banser Jateng, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Rembang, serta para tokoh agama dan masyarakat di Kecamatan Sarang, Rembang.

Kepada wartawan, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Rembang Hanies Cholil Barro' menyatakan Ansor Rembang mendukung penuh perjalanan rombongan kirab satu negeri ini. Menurutnya, kirab digelar secara estafet dari pulau Rote Nusa Tenggara Timur (NTT) akan berakhir di Yogyakarta, untuk berkumpul dengan sejumlah rombongan KSN dari titik lainnya.

 Kirab Satu Negeri masuk Jateng. Kirab Satu Negeri masuk Jateng. Foto: Arif Syaefudin/detikcom

"Kirab Satu Negeri digelar secara serentak untuk menolak ancaman kedaulatan bangsa dari kelompok-kelompok yang ingin mengubah konsensus nasional dan yang menamakan diri atas nama agama tertentu. Konsensus nasional itu adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Ini harus kita jaga jangan terpecah karena kelompok-kelompok tertentu," katanya.


Rombongan sempat singgah di kediaman KH Maimoen Zubair, Pendapa Museum Kartini Rembang, dan kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri. Dari Rembang, Kirab Satu Negeri akan melintasi Kabupaten Pati, Jepara, Kudus, Demak, Semarang, dan Magelang.

Sambutan saat Kirab Satu Negeri masuk Jateng.Sambutan saat Kirab Satu Negeri masuk Jateng. Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Kirab Satu Negeri dimulai serentak di Merauke Papua, Rote NTT, Miangas Sulawesi Utara, Nunukan Kalimantan Utara, dan Sabang Aceh.

Kegiatan yang diikuti 1.945 peserta ini direncanakan berakhir di Yogyakarta pada 26 Oktober 2018, di mana akan digelar Apel Kebangsaan yang melibatkan sekitar 100 ribu anggota Banser dan dihadiri Presiden Joko Widodo.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed