DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 17:53 WIB

Kata Buya Syafii Soal Pembubaran Sedekah Laut Bantul

Ristu Hanafi - detikNews
Kata Buya Syafii Soal Pembubaran Sedekah Laut Bantul Foto: Ristu Hanafi/detikcom
FOKUS BERITA: Ricuh Sedekah Laut
Sleman - Tokoh Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif angkat bicara terkait peristiwa pembubaran persiapan sedekah laut di Pantai Baru, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Buya meminta kasus ini diungkap tuntas dan pelaku diproses hukum sesuai aturan perundangan.

"Yang pertama, aparat harus bertindak. Pelaku yang bubarin dicari ditangkap, nggak bener ini, selesaikan secara hukum," kata Buya Syafii kepada wartawan di kediamannya di Perum Nogotirto Elok, Kecamatan Gamping, Sleman, Senin (15/10/2018).

Buya Syafii juga berharap warga sekitar lokasi sedekah laut berani bersaksi ke polisi agar kasus ini bisa terungkap siapa pelakunya.

Menurut Buya, kelompok massa yang membubarkan persiapan sedekah laut itu bisa disebut kelompok beringas jika dilihat dari aksinya. "Polisi jangan diam saya katakan, tangkap aja," tandasnya.

"Warga juga jangan takut, hilangkan rasa takut, bersaksi (ke polisi), kalau takut, nanti orang tidak waras yang akan (semena-mena)," sambung Buya.

Disinggung soal mulai munculnya aksi penolakan acara tradisi budaya, Buya berpendapat acara tradisi adat istiadat tidak bisa dijadikan faktor utama pemicu bencana alam.

"Kaitan bencana, tidak bisa diukur begitu, memang ada yang mengukurnya?" imbuhnya.


(bgs/bgs)
FOKUS BERITA: Ricuh Sedekah Laut
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed