detikNews
Jumat 28 September 2018, 09:45 WIB

1 Jam Jokowi Bertemu Sultan HB X di Keraton Yogya, Bicarakan Apa?

Edzan Raharjo - detikNews
1 Jam Jokowi Bertemu Sultan HB X di Keraton Yogya, Bicarakan Apa? Rombongan Presiden Jokowi meninggalkan Keraton Yogyakarta. Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Presiden Joko Widodo bertemu dengan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X. Pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam digelar di Gedung Jene Keraton Yogyakarta.

Pertemuan berlangsung secara tertutup. Rombongan Jokowi tiba pada pukul 08.00 WIB, Jumat (28/9/2018). Sri Sultan HB X dalam pertemuan ini didampingi permaisurinya GKR Hemas dan putrinya GKR Mangkubumi. Sekitar pukul 9.00 WIB, Presiden Jokowi keluar dari Kraton dan meninggalkan Keraton. Rencananya Jokowi akan menuju ke Mangunan Bantul bersama juga Sri Sultan HB X.

GKR Hemas mengatakan bahwa pertemuan berlangsung santai. GKR Hemas mengatakan bahwa pertemuan tidak ada minta restu dan dukungan terkait Pilpres.


"Tidak ada (minta restu), (dukungan) tidak ada," jawab GKR Hemas saat ditanyai wartawan di Keraton Yogyakarta.

Hemas bercerita Jokowi juga sempat menanyakan kegiatan para putra dan putri Sultan HB X.

"Kebetulan anak-anak juga ditanya, tugasnya di mana. Termasuk Jeng (GKR) Mangkubumi kegiatanya di mana, (dijawab) di Pramuka, itu aja yang dibicarakan," kata GKR Hemas.

GKR Hemas menjelaskan bahwa pertemuan tersebut bersifat santai silaturahmi biasa. Menurutnya pertemuan biasa seperti setiap kali bertemu di Jakarta.

"Tadi lebih santai kok, karena setiap kali bertemu di Jakarta kalau ada acara," tuturnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com