DetikNews
Selasa 25 September 2018, 19:02 WIB

Kreatif, Pria Ini Modifikasi Mainan Bergambar Capres-Cawapres

Akrom Hazami - detikNews
Kreatif, Pria Ini Modifikasi Mainan Bergambar Capres-Cawapres Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Kampanye Pilpres 2019 dimulai. Seorang warga di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Falikhul Huda (28) mampu menuangkan ide kreatifnya.

Sebuah mobil mainan yang sering disebut Hot Wheels, berukuran kecil dimodifikasi dengan gambar/foto capres/cawapres nomor norot 1 yaitu Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menariknya mobil-mobil hasil kreasi Huda ini mirip dengan mobil betulan yang diberi stiker seperti saat kampanye. Hasilnya pun banyak orang yang ingin mengoleksinya.

"Kalau hot wheels biasa saat ini tak begitu laku. Tapi kalau hot wheels motif foto dua pasang presiden, saat ini sedang banyak diburu," kata Huda ditemui detikcom di kediamannya, Perum Singocandi Blok J 15 RT 3 RW 4, Kudus, Selasa (25/9/2018).

Ia membuat hot wheels tidak dalam jumlah besar. Saat ini saja, dia sudah membuat kreasi hot wheels motif presiden hanya 18 unit. Saat ini, sudah ada order hingga 50 unit.

Untuk memodifikasi, anak ketiga dari tiga bersaudara ini memulainya dengan membersihkan seluruh warna yang menempal pada mobil mainan hot wheels. Dia lantas menyemprot ulang dengan pewarna dasar sesuai dengan keinginan. Kemudian dia baru menempelkan gambar sesuai dengan pesanan atau sesuai dengan yang akan dia lelang.
Kreatif, Pria Ini Modifikasi Mainan Bergambar Capres-CawapresFoto: Akrom Hazami/detikcom

"Pesanan hot wheels motif foto pasangan presiden sudah sampai ke seluruh Indonesia. Saya jual online lewat Facebook. Juga melalui Instagram. Hanya lewat Facebook saya lebih intens," beber pemuda yang bergelut mengkreasikan hot wheels sejak 2013 itu.

Dia punya trik berjualan hot wheels motif foto pasangan presiden. Dari trik itulah dia mampu membuat pencinta hot wheels berebut mendapatkan barang kreasinya. Yakni dengan sistem lelang lewat Facebook. Saat ini dia telah melakukan lelang hingga 236 kali.

Mulanya dia mengunggah foto hot wheels gambar dua pasang Presiden di Facebook pribadinya yakni akun Huda Falikhul. Seperti postingan pada Sabtu (23/9/2018) pukul 08.20 WIB. Dia batasi lelang sampai Minggu (23/9/2018) pukul 22.00 WIB.

Hot wheels dengan modifikasi bergambar Jokowi-Ma'ruf adalah jenis Morris Mini berwarna hitam. Hot wheels Jokowi-Ma'ruf Amin dibuka dengan tawaran Rp 140.000 dan dilelang dengan angka kelipatan minimal Rp 5.000.

Lain halnya dengan hot wheels Prabowo-Sandiaga dibuat model Volkswagen Kool Combi yang terkenal di tahun 1955-an. Mobil ini dikemas dengan warna merah-putih. Dengan sistem lelang, warga yang minat beradu tinggi dalam memberi harga.

"Dalam lelang, responnya luar biasa. Banyak yang menawar dengan harga dari yang dibuka. Harga hot wheels Prabowo-Sandiaga dibuka harga Rp 140.000 dan dilelang dengan kelipatan minimal Rp 5.000. Hasil akhir lelang, hot wheels Jokowi-Ma'ruf ditutup di harga Rp 160.000 dan hot wheels Prabowo-Sandiaga dikunci di harga Rp 315.000," bebernya.

Seiring kian dekatnya pilpres, dia berniat memperbanyak kreasi hot wheels motif foto presiden. Tentu dengan beragam jenis mobil mainan yang lebih bagus.

"Rencananya akan memproduksi lebih banyak. Tapi lihat nanti dulu," pungkasnya.



Tonton juga 'Waspada Penumpang Gelap Pilpres 2019 Ada di Mana-mana!':

[Gambas:Video 20detik]


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed