DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 17:17 WIB

Isi Kuliah Bareng Sandiaga, Zulhas Ajak Mahasiswa Beri Suara di TPS

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Isi Kuliah Bareng Sandiaga, Zulhas Ajak Mahasiswa Beri Suara di TPS Suasana kuliah umum Sandiaga Uno dan Zulkifli Hasan di UMS hari ini. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno dan Ketua MPR Zulkifli Hasan mengisi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (22/9/2018). Materi kuliah ialah mengenai kewirausahaan dan kebangsaan.

Dimulai dari Sandi, ia memberikan motivasi kepada ribuan mahasiswa yang mengikuti kuliah umum di GOR UMS. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga memberikan tips agar menjadi pengusaha sukses.

"Ada 4as, pertama kerja keras. Sukses itu 90 persen kerja keras, 10 persen talenta. Kedua kerja cerdas, bisa bikin start up aplikasi yang menghasilkan uang. Ketiga kerja tuntas. Dan terakhir kerja ikhlas, kita serahkan hasil kepada Allah," katanya.

"Kita ingin setiap perguruan tinggi mempunyai pusat kewirausahaan, jadi mahasiswa nanti tidak mencari kerja, tapi membuka lapangan pekerjaan. Insya Allah kita hadirkan OK OCE di sini, membangun peradaban baru dengan wirausaha," ujar dia.

Sedangkan Zulkifli di akhir kuliahnya menggambarkan kondisi Indonesia saat ini. Dia meminta mahasiswa menjawab beberapa pertanyaan mengenai kondisi bangsa.

"Harga-harga makin murah atau mahal? Makin senang apa makin susah? Sudah baik apa belum? Gaduh apa damai?" tanya Zulkifli.


Dia lalu memberi solusi, yakni dengan cara memberikan suara ke TPS.

"Gimana cara menjawabnya? Datang ke TPS berikan suaranya," kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.


Seusai kuliah umum, baik Sandi maupun Zulkifli menjadi sasaran foto para mahasiswa. Hampir seluruh mahasiswa merangsek mendekati mereka hanya untuk sekadar foto bersama.

Tim pengamanan meski kewalahan akhirnya dapat mengantar Sandi dan Zulkifli ke mobilnya. Mereka lalu meninggalkan UMS.



Saksikan juga video 'Nasdem Komentari soal Zulhas Atur Strategi Jatuhkan Ahok':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed