DetikNews
Jumat 21 September 2018, 11:24 WIB

PAN Tanya Soal Statusnya di NasDem, Begini Jawab Bupati Badingah

Usman Hadi - detikNews
PAN Tanya Soal Statusnya di NasDem, Begini Jawab Bupati Badingah Bupati Gunungkidul, Badingah. Foto: Usman Hadi/detikcom
Gunungkidul - Status Bupati Gunungkidul Badingah yang masuk kepengurusan di dua partai politik menjadi polemik. Badingah tercatat sebagai Majelis Pertimbangan DPD PAN Gunungkidul sekaligus Dewan Pembina DPD Partai NasDem Gunungkidul.

Ketua DPD PAN Gunungkidul Arif Setiadi angkat suara menanggapi kepengurusan ganda Badingah. Menurutnya, pengurus DPD PAN Gunungkidul sempat menanyakan langsung ke Badingah perihal kepengurusan ganda ini.

"Sesungguhnya kalau diklarifikasi (apakah benar) di partai itu (NasDem) sudah pernah. Badingah itu diklarifikasi di PAN. Itu menyatakan bahwa kepengurusan beliau di NasDem tanpa konfirmasi," kata Arif saat dihubungi detikcom, Jumat (21/9/2018).

"Itu pernah Bu Badingah klarifikasi di hadapan pengurus di rapat PAN. Mungkin dua bulan lalu, sewaktu pernah ada ganda kepengurusan itu lho di saat mau pencalegan, pendaftaran caleg itu. Kira-kira waktunya itu," lanjut Arif.

Arif mengatakan, memang pengurus DPD PAN Gunungkidul sempat bertanya-tanya soal status kepengurusan Badingah di DPD Partai NasDem Gunungkidul. Padahal di PAN kepengurusan ganda parpol tidak diperbolehkan.


"Bahasa ketika itu, 'Bu kan beredar foto susunan kepengurusan ketua dewan penasehat DPD NasDem Gunungkidul itu Bu Badingah, itu bagaimana'?" ucap Arif menirukan pertanyaan pengurus PAN dalam forum rapat.


"Oh, saya itu tidak dikonfirmasi," lanjut Arif menirukan jawaban Badingah kepadanya.

Mendapat jawaban itu, pengurus DPD PAN Gunungkidul merasa lega karena telah mengetahui duduk persoalannya.


"2005 (Badingah gabung ke PAN). Pada pilkada 2005 itu (Badingah) kan sebagai calon wakil bupati dengan Pak Harto. Itu sudah diberi KTA (PAN)," ungkap Arif.

"Artinya kan kita sudah mengusung (Badingah) tahun 2005, 2010, dan 2015. Walaupun 2015 ini koalisi. Tetapi 2005 dan 2010 itu kan pengusung tunggal PAN," tutupnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed