DetikNews
Rabu 19 September 2018, 13:36 WIB

Diguyur Hujan, Kebakaran di Gunung Sumbing Akhirnya Padam

Uje Hartono - detikNews
Diguyur Hujan, Kebakaran di Gunung Sumbing Akhirnya Padam Kebakaran Gunung Sumbing. Foto: Uje Hartono/detikcom
Wonosobo - Titik api di hutan Gunung Sumbing akhirnya padam. Api padam setelah diguyurl hujan yang terjadi pada Selasa (18/9) sore.

Meski begitu, aparat dari TNI/Polri serta berbagai relawan tetap disiagakan di lokasi kebakaran. "Kemarin sore masih ada api yang menyala. Tetapi, tadi pagi kami mendapatkan info bahwa api sudah padam setelah diguyur hujan kemarin sore," kata Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli saat dihubungi detikcom, Rabu (19/9/2018).

Sebelumnya, pemadaman dilakukan dengan menyiram lokasi kebakaran menggunakan helikopter. Air yang digunakan untuk pemadaman diambil dari Telaga Menjer.

"Sebenarnya untuk pemadaman sudah dilakukan dengan menggunakan helikopter. Sekali menyiram 4.500 sampai 5.000 liter air. Tetapi akhirnya hujan turun hingga api padam," ujarnya.


Untuk di wilayah Wonosobo, ada 288 hektar yang terbakar. Luasan tersebut terdiri dari hutan di Gunung Sumbing dan Sindoro. Hanya saja, dampak yang terjadi di wilayah Temanggung justru lebih luas.


"Kalau di Temanggung lebih dari 1.000 hektar. Karena memang titik apinya berasal dari wilayah Temanggung. Bahkan saat ini, salah satu warga Temanggung sudah ditetapkan tersangka kebakaran di Gunung Sindoro," paparnya.

Sedangkan untuk penyebab kebakaran di Gunung Sumbing, Fauzan menuturkan saat ini masih dalam penyelidikan.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed