DetikNews
Selasa 18 September 2018, 20:34 WIB

Agar Tak Dimakan Anjing Liar, Warga Diminta Pindahkan Ternak

Usman Hadi - detikNews
Agar Tak Dimakan Anjing Liar, Warga Diminta Pindahkan Ternak Foto: Usman Hadi/detikcom
Gunungkidul - Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul mengeluarkan surat edaran (SE) untuk menyikapi belasan kambing warga yang mati diduga dimangsa anjing liar. Surat edaran itu berisi ajakan agar warga sementara waktu memindahkan ternaknya.

Memang mayoritas kandang ternak di Gunungkidul berada di ladang yang lokasinya jauh dari pemukiman. Warga beralasan menaruh kandangnya di ladang supaya lebih mudah mengambil air dan pakan untuk ternaknya.

"Benar, kami telah mengeluarkan surat edaran yang intinya mengimbau masyarakat agar membawa ternaknya ke rumah, tidak ditinggal di ladang," kata Kadis Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnubroto saat dihubungi, Selasa (18/9/2018)

"Bisa juga warga memperkuat pagar kandangnya. Tapi memang paling aman itu membawa pulang, karena pengalaman tahun lalu kandang sudah diperkuat tapi hewan (liar) tetap bisa masuk dengan membuat lubang di tanah," lanjut Bambang.

Bambang mengatakan, hingga kini pihaknya belum bisa menyimpulkan jenis hewan liar yang memangsa kambing warga. Memang ada dugaan pemangsanya adalah anjing liar, namun dugaan itu belum terbukti.

"Sampai sekarang kami belum bisa membuktikan itu hewan apa. Saya bisa menyebut (pemangsa kambing) masih misterius," sebutnya.

"Memang kabarnya (pemangsa kambing warga) anjing liar atau apa, tapi kan belum ada foto pastinya atau video yang menunjukan hewan tersebut. Dulu pernah diteliti bekas gigitannya itu tidak ada rabiesnya juga," ujarnya.

Menurutnya, yang membuat Dinas Pertanian penasaran karena kambing yang mati misterius dagingnya masih utuh. Namun di kambing tersebut ditemukan bekas gigitan, diduga darah kambing tersebut dihisab hewan liar.

"Kalau dikatakan mereka itu (hewan liar) kekurangan air, tetapi kenyataannya kejadian yang terakhir berada di dekat sumber air," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, belasan kambing warga di Kecamatan Tepus dan di Kecamatan Girisubo mati misterius. Warga menduga kambing mereka mati mendadak karena dimangsa anjing liar.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed