detikNews
Kamis 06 September 2018, 19:45 WIB

Jalan Sehat Ahmad Dhani Bareng dengan Kirab Atlet Asian Games

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jalan Sehat Ahmad Dhani Bareng dengan Kirab Atlet Asian Games Jumpa pers panitia jalan sehat Ahmad Dhani di Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Panitia jalan sehat yang menghadirkan Ahmad Dhani dan Neno Warisman tetap akan menggelar acara meski tak diizinkan polisi. Sedangkan di sisi lain, di waktu dan tempat yang sama, Pemkot Surakarta juga menggelar kegiatan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Panitia jalan sehat mengklaim telah lebih dahulu mengajukan mendaftarkan kegiatannya kepada pengelola Lapangan Kottabarat. Namun karena dipakai Pemkot, panitia menggeser lokasi ke Jalan Moewardi di depan lapangan.

Meski telah digeser, acara jalan sehat dipastikan bakal berbarengan dengan kirab penyambutan atlet Asian Games asal Jawa Tengah. Rute keduanya sama-sama melintasi car free day Jalan Slamet Riyadi, Jalan Gajah Mada, lalu Jalan Yosodipuro.

Humas panitia jalan sehat, Endro Sudarsono, tidak mempermasalahkan waktu dan rute yang bersamaan. Dia meminta kedua pihak harus saling menghormati.

"Kita berhak sama-sama saling menjaga dan tidak saling mendahului. Kita tidak sedang berlomba, tidak bertanding, tapi sedang menggunakan tempat dan waktu yang sama," katanya dalam jumpa pers di Masjid Baitussalam, Solo, Kamis (6/9/2018).


Panitia jalan sehat juga sudah membuat tata tertib yang harus dipatuhi peserta jalan sehat maupun pembicara. Antara lain menjaga ucapan selama acara berlangsung.

"Peserta wajib menjaga kesopanan, kesantunan, tidak melakukan tindakan asusila, ujaran kebencian, provokasi dan umpatan kebencian kepada peserta maupun bukan peserta," katanya.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Surakarta, Joni Hari Sumantri, mengatakan ada 59 atlet dan 9 pelatih yang akan hadir dalam kirab atlet Asian Games asal Jawa Tengah.

"Ada pebulutangkis Kevin Sanjaya. Ada Aries Susanti dari cabang olahraga panjat tebing," ujar dia.

Mereka dikirab bersama 7.900 orang yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara, atlet Porprov hingga siswa-siswi sekolah. Kirab dikemas dengan pentas seni budaya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com