Kenakan Topeng Harimau, Ribuan Orang Ajak Cintai Satwa

Uje Hartono - detikNews
Minggu, 26 Agu 2018 13:12 WIB
Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Sebanyak 1.300 orang bertopeng harimau Benggala mengelilingi Kota Banjarnegara, Minggu (26/8/2018). Bukan untuk menakuti, namun mereka tengah mengajak masyarakat untuk lebih mencintai satwa.

Direktur Taman Rekreasi Marga Satwa (TRMS) Serulingmas Banjarnegara Lulut Yekti Adi mengatakan, kegiatan diikuti 1300 orang dari berbagai kalangan, baik dari komunitas, pelajar hingga masyarakat umum. Menurutnya, kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap keberadaan satwa.

"Pesertanya ada 1.300 orang dari berbagai kalangan, dari pelaar hingga orang dewasa. Harapan kami, agar masyarakat di Banjarnegara mau melestarikan dan mencintai keberadaan satwa," paparnya di TRMS Serulingmas, Minggu (26/8/2018).

Menurutnya, selama ini keberadaan harimau benggala di marga satwa Serulingmas masih menjadi magnet bagi pengunjung. Lulut melihat lantaran termasuk satwa buas dan karena harimau jarang dilihat di luar kebun binatang.

"Itu kenapa kami menggunakan topeng harimau agar menarik. Karena selama ini yang paling banyak dilihat itu satwa harimau," ujarnya.

Salah satu pemakai topeng harimau, Zahra (16) menuturkan sengaja mengikuti kegiatan tersebut agar semakin banyak yang mencintai satwa. Terlebih, banyak satwa yang populasinya semakin sedikit dan nyaris punah.

"Kalau semakin banyak yang peduli akan terjaga populasinya. Sehingga, meski sedikit susah bernafas karena memakai topeng, tetapi tetap semangat," tuturnya.




Tonton juga 'Mengetahui Habitat Satwa Lewat Lensa':

[Gambas:Video 20detik]

(bgs/bgs)