9 Wisatawan Alami Hipotermia Saat Dieng Culture Festival

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 04 Agu 2018 18:17 WIB
Foto: Uje Hartono/detikcom
Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Wisatawan Dieng Culture Festival (DCF) diimbau untuk mempersiapkan dengan matang. Mengingat pada DCF malam pertama, ada 9 wisatawan yang mengalami hipotermia.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarnegara dr Achmat Setyawan mengatakan, pada malam pertama DCF, ada 9 wisatawan yang mengalami hipotermia. Meraka merupakan wisatawan asal Jakarta, Tangerang Selatan serta wisatawan asal Banjarnegara.

"Benar ada 9 wisatawan yang mengalami hipotermia, karena memang suhu udara di Dieng pada malam pertama DCF cukup dingin," ujarnya saat dihubungi detikcom, Sabtu (4/8/2018).

Untuk itu, ia mengimbau agar wisatawan mempersiapkan dengan matang. Seperti mengenakan jaket tebal, sarung tangan hingga pakaian yang menempel dengan kulit.

"Dan sebaiknya mengenakan pakaian berbahan katun. Karena jika memakai celana jenis jeans angin mudah masuk," terangnya.

Selain itu, wisatawan juga jangan membiarkan perut kosong. Harus banyak mengkonsumsi makanan, serta meminum yang bisa menghangatkan. Namun demikian, dr Achmad mengingatkan agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi kopi.

"Karena dingin sehingga banyak minum kopi. Padahal, kalau terlalu banyak akan menganggu kerja jantung," jelasnya.

Sementara, jika sudah mengalami hipotermia, langkah untuk menangani yakni menghangatkan tubuh dengan skin to skin. Agar orang yang menalami hipotermia bisa langsung merasa hangat.

"Hanya, jika yang kena perempuan yang menolong perempuan, begitu juga sebaliknya. Setelah itu bisa diberi penghangat lainnya seperti sleeping bag atau jaket tebal," paparnya. (bgs/bgs)